3 Hal yang Mungkin Terjadi di Laga Timnas U-19 vs Timor Leste U-19

Rabu, 1 November 2017 12:57 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-19. Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 akan melawan ‘saudara’ mereka, Timor Leste U-19, dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan. Keduanya akan bertanding di Paju Public Stadium pada Kamis (02/11/17) pukul 10.00 WIB.

Dalam laga kali ini, keduanya akan saling baku hantam untuk memperebutkan tiga poin dan lolos dari penyisihan Grup F. Memang, untuk Skuat Garuda Nusantara ajang kualifikasi ini dapat dikatakan sebagai laga ‘pemanasan’, mengingat Timnas U-19 tetap akan bertanding di ajang Piala Asia U-19 apapun hasilnya.

Namun tidak untuk Timor Leste U-19. Mereka diwajibkan memenangkan pertandingan bila ingin tampil di ajang Piala Asia U-19 yang akan diadakan di Indonesia ini. Oleh karenanya, Skuat Shigeo Yamazaki diyakini akan tampil habis-habisan untuk meraih tiga poin perdana mereka.

Sebelumnya pada Selasa (31/10/17) kemarin, skuat Timor Leste U-19 dikalahkan oleh Malaysia U-19 dengan skor cukup telak, 1-3. Gol Fayyadh (53), Syahiran (68), dan Yusof (77) hanya mampu dibalas oleh Da Costa di penghujung babak kedua. Kekalahan ini pun membuat mereka berada di posisi empat klasemen sementara Grup F.

Kekalahan Timor Leste dari Malaysia memang tidak begitu mengherankan untuk para pencinta sepakbola Tanah Air. Sejak resmi berpisah dari Republik Indonesia pada 1999 dan berdaulat sejak 2002, sepakbola di Timor Leste nyaris tak ada gaungnya.

© PRAKASH MATHEMA/AFP/Getty Images
Skuat Timnas Timor Leste. Copyright: PRAKASH MATHEMA/AFP/Getty ImagesSkuat Timnas Timor Leste.

Timor Leste selalu dipandang sebelah mata oleh tim-tim yang pernah mereka hadapi. Faktanya, Timor Leste memang jarang meraih kemenangan baik di laga resmi maupun persahabatan tidak resmi.

Walau begitu, Timor Leste sekarang tampaknya mulai menunjukkan tajinya di kancah olahraga si kulit bundar ini. Tentu kita ingat saat Timnas U-22 berhadapan dengan Timor Lester U-22 pada ajang SEA Games 2017 di Malaysia, beberapa waktu lalu. Di laga tersebut, Evan Dimas dkk hanya mampu menang tipis 1-0.

Belum lagi saat Piala AFF U-19 di Myanmar, September 2017 lalu. Bergabung di Grup A, Timor Leste hanya menelan dua kali kekalahan yakni dari Malaysia U-19 dan juga Thailand U-19, dan mengakhiri posisinya di peringkat tiga.

Peningkatan Timor Leste dalam olahraga sepakbola tampaknya akan menjadi halangan yang lumayan berat untuk Timnas U-19. Oleh karenanya, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa kemungkinan yang akan terjadi saat Timnas U-19 berhadapan dengan Timor Leste U-19.

1.1K