3 Persamaan Liga 1 dengan Ligue 1, Bundesliga, dan Eredivisie

Senin, 13 November 2017 05:51 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Logo Eredivisie, Liga 1 Indonesia, Bundesliga, Ligue 1 Copyright: © INDOSPORT
Logo Eredivisie, Liga 1 Indonesia, Bundesliga, Ligue 1

Usai sudah kompetisi tertinggi sepakbola di Tanah Air, Gojek Traveloka Liga 1. Dalam pagelaran yang dimulai pada Sabtu (15/04/17) sore lalu ini berhasil mengeluarkan nama Bhayangkara FC sebagai jawara Liga 1 musim ini.

Bhayangkara keluar sebagai juara walau menelan kekalahan di laga pamungkas mereka. Seperti yang kita ketahui, The Guardian dikalahkan oleh Persija Jakarta dengan skor 1-2 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, pada Minggu (12/11/17) malam kemarin.

Walau menelan kekalahan, posisi Bhayangkara di puncak klasemen tak tergoyahkan. Memiliki poin yang sama dengan Bali United, 68 poin, anak asuh Simon McMenemy unggul head to head dari Serdadu Tridatu dan keluar sebagai jawara.

‘Ketatnya’ persaingan yang terjadi nyatanya sempat menjadi pusat perhatian media asing ternama, Fox Sports Asia. Kala itu seorang penulis Fox Sports Asia, John Duerden, mengatakan bahwa Liga 1 disebut sebagai yang terbaik soal drama, seluk beluk dan pasang surut liga.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Michael Essien (Persib Bandung) mendapat kawalan ketat dari pemain Arema FC. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMichael Essien (Persib Bandung) mendapat kawalan ketat dari pemain Arema FC.

Media asing itu juga menyebutkan bahwa kedatangan mantan bintang Liga Primer Inggris seperti Michael Essien, Carlton Cole, Didier Zokora, Mohamed Sissoko, dan Peter Odemwingie menjadi daya tarik utama kompetisi Liga 1 di Asia.

Hal tersebut ditambah dengan tidak adanya nama-nama tim besar seperti Persib Bandung, Arema FC, dan Persipura Jayapura dalam daftar lima besar klasemen Liga 1. Hal itu lah yang membuat Liga 1 Indonesia menjadi sesuatu yang bernilai lebih di mata Fox Sports Asia, dibanding Liga Thailand maupun Malaysia.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menang atas Bhayangkara FC, pemain Persija bersyukur karena bisa berpeluang tampil di kompetisi Asia. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMenang atas Bhayangkara FC, pemain Persija bersyukur karena bisa berpeluang tampil di kompetisi Asia.

Kini seiring dengan berakhirnya kompetisi musim ini, INDOSPORT nyatanya menemukan persamaan Liga 1 dengan beberapa liga divisi utama di Eropa, seperti Ligue 1 Prancis, Bundesliga Jerman, dan juga Eredivie Belanda. Apa saja persamaannya?

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%