Main di Luar Negeri, Evan Dimas, Ilham Udin dan Ryuji Utomo dapat Keistimewaan dari Luis Milla?

Jumat, 8 Desember 2017 16:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Tiga pesepakbola muda Tanah Air, yakni Evan Dimas, Ilham Udin Armayn, dan Ryuji Utomo mulai musim depan akan bermain di klub luar negeri yakni Selangor FA (Malaysia) dan juga PTT Rayong (Thailand). Lantas bagaimana masa depan mereka bersama Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018. Apakah mereka mendapat keistimewaan dari pelatih Luis Milla?

Terkait hal itu asisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti kemudian memberikan penjelasannya. Menurutnya tim pelatih sejauh ini menilai tidak akan ada masalah serius terkait persiapan Timnas U-23 dengan jadwal ketiga pemain tersebut, lantaran pemusatan latihan biasanya berlangsung singkat.

© Instagram/Ilham Udin Armayin
Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn resmi ke Selangor FA. Copyright: Instagram/Ilham Udin ArmayinEvan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn resmi ke Selangor FA.

Hanya saja, Bima Sakti menggarisbawahi terkait izin klub pemilik yang akan dialami jika Evan Dimas, Ilham, dan Ryuji dipanggil untuk menjalani FIFA Match Day di tahun depan.

"Setelah dari Aceh persiapan kita buat Asian Games baru akan dilakukan pada Januari nanti. Dan soal mereka (Evan, Ryuji, dan Ilham) saya rasa tidak masalah karenak kan TC-nya gak lama," ujar Bima ke INDOSPORT.

"Semoga saat FIFA match day mereka bisa bergabung," sambungnya mengomentari izin klub yang bisa saja sulit didapat tiga pemain tersebut.

© Istimewa
Ryuji Utomo resmi bergabung dengan klub Thailand. Copyright: IstimewaRyuji Utomo resmi bergabung dengan klub Thailand.

Sebelumnya pelatih Luis Milla telah mengungkapkan kebanggaannya melihat tiga pemain Timnas bisa bermain di luar Liga 1 itu. Juru taktik asal Spanyol itu memiliki keyakinan kuat terkait meningkatnya kualitas anak asuhnya, sejalan dengan keputusan bermain di luar negeri.

"Tiga pemain kami akan main di luar negeri. Menurut saya, ketika pemain Indonesia bisa bermain di luar negeri, maka itu merupakan sebuah penghargaan,” tutur Milla.

© PSSI
Instruksi Luis Milla kepada para pemain Timnas Indonesia. Copyright: PSSIInstruksi Luis Milla kepada para pemain Timnas Indonesia.

"Pasti mereka ingin mencari pengalaman baru dan lebih baik. Di luar negeri mereka akan mendapat banyak keuntungan. Mereka akan lebih dewasa dan belajar tentang hidup. Mereka akan berkompetisi di klub dengan baik,” lanjutnya.

“Saya bisa memahami bila ada situasi saat mereka tak bisa datang ketika ada panggilan (Timnas). Namun saya yakin mereka pasti akan berlatih sangat baik di sana,” tutup Milla.

66