Liga Indonesia

Sergio dan Kim Beri Kado Akhir Tahun Bagi Bobotoh

Jumat, 15 Desember 2017 09:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Agus Dwi Witono
© Arif Rahman/INDOSPORT
Kim Kurniawan yang masih cedera datang langsung untuk menyaksikan pertandingan Persib. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Kim Kurniawan yang masih cedera datang langsung untuk menyaksikan pertandingan Persib.

Ada sebuah kabar gembira bagi Bobotoh. Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani menuturkan bahwa kondisi cedera lutut kiri Sergio van Dijk sudah berangsur-angsur pulih. Sehingga pada kompetisi musim 2018 pemain keturunan Belanda tersebut sudah bisa kembali merumput.

Sebelumnya, Sergio harus beristirahat cukup lama pascaoperasi di Belgia dan menjalankan program terapi di Bandung. Cedera lutut tersebut didapat pemain bernomor punggung 9 ini saat tampil menghadapi Barito Putera di pekan ke-11 Gojek Traveloka Liga 1 2017.

© Muhammad Ginanjar/Indosport.com
Sergio van Dijk (Persib Bandung). Copyright: Muhammad Ginanjar/Indosport.comSergio van Dijk (Persib Bandung).

"Kalau untuk Sergio sudah ada perbaikan tinggal peningkatan fisiknya. Sudah tidak ada masalah dengan cederanya tinggal peningkatan kondisi fisiknya," jelas Rafi.

Selain Sergio, pemain Persib lainnya yang cederanya berangsur membaik yakni Kim Jeffrey Kurniawan. Gelandang tim berjuluk Maung Bandung tersebut saat ini berada di Jerman untuk pemulihan. Kim kini sudah bisa berjalan tanpa menggunakan alat bantu. 

Sebelumnya, Kim mengalami patah tulang fibula akibat berbenturan dengan salah seorang pemain Persija Jakarta, Rudi Widodo pada pertandingan tandang di Stadion Manahan Solo, 3 November 2017.

"(Kondisi) Kim juga sudah bagus. Sudah lepas tongkat," ucap Rafi.

© Muhammad Ginanjar/Indosport
M Rafi Ghani, dokter tim Persib Bandung. Copyright: Muhammad Ginanjar/IndosportM Rafi Ghani, dokter tim Persib Bandung.

Waktu pemulihan yang dibutuhkan pemain bernomor punggung 23 ini menurut Rafi akan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Hal ini merujuk kondisinya saat ini yang terus membaik secara signifikan.

"Untuk pulih secara teori bisa 8-12 minggu. Tapi, Kim bisa lebih cepat empat minggu. Kalau pas gabung tinggal menaikan fisiknya," pungkasnya.

159