Liga Indonesia

3 Klub Sepakbola Indonesia Ini Terlibat Konflik dengan Pemerintah Kota

Senin, 8 Januari 2018 14:58 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Grafis: Eli suhaeli/INDOSPORT
Tiga klub Sepakbola Indonesia ini terlibat konflik dengan Pemerintah Kota. Copyright: © Grafis: Eli suhaeli/INDOSPORT
Tiga klub Sepakbola Indonesia ini terlibat konflik dengan Pemerintah Kota.

Sepakbola Indonesia tak pernah lepas dari kekisruhan, baik yang datang dari dalam tubuh mereka sendiri maupun pihak luar. Terkadang permasalahan tersebut tak kunjung segera usai ia akhirnya menjadi polemik yang akut. 

Hal-hal semacam itu tentunya akan menjadi kekhawatiran tersebut bagi dampak persepakbolaan di Indonesia. Terlebih lagi jika hal tersebut sudah menyangkut pada kepentingan tertentu dan melibatkan dunia politik serta pemerintahan.

Tak jarang, sederet klub di Indonesia turut terseret dalam kubangan kasus politik. Padahal secara tidak langsung, mereka tak ubahnya tumbal dari kepentingan-kepentingan dari pihak-pihak yang memang memiliki kuasa atau jabatan di suatu wilayah. 

© GLOBALINDO
Bonek Copyright: GLOBALINDOBonek

Indonesia tak pernah luput dari polemik semacam itu. Dan tentu saja, kisruh politik yang seringkali menyusup dalam dunia persepakbolaan tanah air akan menjadi penghambat pertumbuhan klub-klub yang ada di Indonesia untuk berlaga dan melahirkan banyak prestasi. 

Dalam kisruh antara klub-klub sepakbola dan pemerintah, harus ada salah satu pihak yang akhirnya mengalah. Pihak yang memilih memutuskan untuk mengalah pun harus turut memikirkan bagaimana membawa sepakbola Indonesia tetap terus berkembang. 

Sayangnya hingga kini pun, sejumlah klub sepakbola masih dihadapkan pada masalah yang sama dan menyeret pemerintah, pihak yang seharusnya memberikan dukungan agar klub tersebut tetap melahirkan prestasi dan mengharumkan nama wilayah dari klub tersebut, termasuk juga mengharumkan nama negara.

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum sederet klub-klub Indonesia yang terlebat polemik eksternal dengan pihak pemerintah kota tempat klub tersebut berasal:

4