Liga Inggris

Antonio Conte Sambut Positif Penggunaan VAR di Liga Inggris

Rabu, 10 Januari 2018 07:45 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Getty Images
Antonio Conte saat masuk ke lorong stadion. Copyright: © Getty Images
Antonio Conte saat masuk ke lorong stadion.

Teknologi Video Assistant Referees (VAR) akan digunakan dalam laga leg pertama semifinal Piala Liga Ingggris (Piala Carabao) antara Chelsea dan Arsenal, pada Kamis (11/01/18) 03.00 dini hari WIB. VAR atau yang dikenal sebagai teknologi video tayangan ulang ini juga akan digunakan dalam laga semifinal Piala Liga bulan depan antara Manchester City dan Bristol City.

Terkait hal ini, manajer Chelsea, Antonio Conte memberikan pandangannya terhadap teknologi VAR yang akan diterapkan pada pertandingan Kamis mendatang. Eks pelatih Juventus itu pun menyambut teknologi canggih ini dengan positif dan berharap kesalahan-kesalahan bisa terhindarkan karena VAR.

“Di Italia, sejak awal musim mereka menggunakan ini (VAR). Ada baiknya memperbaiki sepakbola tapi pada saat bersamaan akan bagus untuk menggunakan opsi baru ini dengan cara yang benar. Saya positif karena bila ada kesalahan besar, ada baiknya mengoreksi kesalahan ini,” kata Conte, dikutip dari laman resmi klub Chelsea.

"Di awal (di Italia), tidak mudah untuk menerapkan hal ini (VAR), terkadang berhenti bermain dan menunggu keputusan yang tepat dari VAR. Tapi saya pikir ini bisa menjadi baik karena bisa mengurangi kesalahan, terutama kesalahan besar, dan saya pikir ini benar untuk sepak bola," jelas Conte.

© INDOSPORT
Antonio Conte berdebat dengan wasit. Copyright: INDOSPORTAntonio Conte saat berdebat dengan wasit.

Menurutnya VAR sepakbola Italia yang terlebih dulu telah menerapkan VAR berjalan baik meski harus kebingungan di awal. Conte juga menyetujui langkah ini karena menurutnya ini adalah waktunya untuk memperbaiki sepakbola Inggris.

© INDOSPORT
Antonio Conte saat masih menjadi pelatih Juventus. Copyright: INDOSPORTAntonio Conte saat masih menjadi pelatih Juventus.

The Blues akan menjadi tuan rumah di laga semifinal nanti. Sementara pemenang dari laga nanti kemungkinan akan bertemu dengan Manchester City bulan depan. The Citizens juga baru saja memenangkan laga leg pertama kontra Bistol dengan skor 2-1 yang dihasilkan oleh Kevin De Bruyne dan Sergio Aguero.

13