Liga Indonesia

Gol Spektakuler Pahabol Bawa Persebaya Unggul di Babak Pertama

Minggu, 28 Januari 2018 16:30 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Agus Dwi Witono
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Yohanes Pahabol. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Yohanes Pahabol.

Persebaya Surabaya dan Madura United menampilkan pertarungan sengit sejak awal laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo tersebut. Kedua tim seperti tidak ingin kehilangan momentum di pertandingan terakhir Grup C Piala Presiden 2018 ini.

Hal itu terbukti ketika kedua tim belum mampu memberikan ancaman berarti hingga 10 menit laga berjalan. Pasalnya, Persebaya dan Madura United menampilkan permainan yang cukup disiplin di lini pertahanan mereka.

Barulah pada menit ke-12 Madura United mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan setelah kiper Miswar Saputra gagal mengantisipasi bola dengan baik dalam menyambut umpan silang. Namun sejumlah tembakan pemain Madura United masih dapat dimentahkan oleh bek Persebaya.

Rendi Irwan bisa saja membuka keunggulan untuk Persebaya lewat tendangan setengah volinya di dalam kotak penalti. Namun sayang, percobaannya itu hanya membuahkan sepak pojok setelah tendangannya diselamatkan oleh aksi heroik kiper Satria Tama.

Satria Tama memang tampil cukup gemilang di bawah mistar gawang Madura United. Penjaga gawang Timnas U-23 tersebut berhasil menggagalkan sejumlah peluang yang dilancarkan Bajul Ijo.  

Pada menit ke-30, Persebaya akhirnya mengubah skor menjadi 1-0 lewat gol spektakuler Yohanes Pahabol. Eks penggawa Persipura Jayapura yang berada di sisi kiri tidak berniat memberikan umpan ke tengah lapangan. Dirinya lebih memilih melepaskan tembakan langsung ke awah gawang.

Empat menit berselang, Marcel Scramento mencoba melepaskan tembakan pertamanya pada laga ini. Tapi tembakan dari luar kotak penalti tersebut masih melambung di atas mistar gawang Persebaya.

Hingga peluit tanda babak pertama berakhir dibunyikan, tak ada gol tambahan bagi kedua tim. skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya pun menghiasi di babak pertama laga terakhir Grup C Piala Presiden 2018 ini.

Susunan pemain kedua tim:

Persebaya Surabaya (4-2-3-1)

Miswar Saputra, Ruben Sanadi, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Abu Rizal, Misbakus Solikin, Nelson Alom, Irfan Jaya, Rendi Irwan, Yohanes Pahabol, Rishadi Fauzi

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Madura United (4-3-3)

Satria Tama, Beny Wahyudi, Fabiano Beltrame, O.K John, Andik Rama, Nurriddin Davranov, Maitimo, Lucky Permana, Bayu Gatra, Marcel Silva, Engelberd Sani

Pelatih: Gomes de Oliveira

 

332