Liga Indonesia

Bikin Panas Laga, 4 Wasit Indonesia Ini Punya Catatan Kontroversial

Jumat, 9 Februari 2018 10:55 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Enanaija
Ilustrasi wasit berikan kartu merah. Copyright: © Enanaija
Ilustrasi wasit berikan kartu merah.

PSSI baru saja kedatangan Direktur Wasit anyar asal Jepang, Toshiyuki Nagi yang dikabarkan akan membawa kesegaran baru dalam perhelatan wasit yang memimpin laga di Indonesia pada kompetisi musim ini.

Pengalaman sebagai wasit maupun asisten wasit di sederet laga internasional yang dimiliki oleh Toshiyuki diharapkan akan mampu membawa terobosan baru dalam sistem kepemimpinan laga yang dipegang oleh setiap wasit dalam sederet laga sepakbola Indonesia.

© Getty Image
Toshiyuki Nagi Copyright: Getty ImageToshiyuki Nagi

Akan menjadi tanggung jawab yang cukup berta bagi Toshiyuki mengingat Indonesia tercatat memiliki sejumlah laga penuh kontroversi yang berangkat dari keputusan wasit. Banyak dugaan intrik hingga hal-hal lain yang membuat laga tak lagi berjalan dengan sportif.

Indonesia sendiri mencatat sederet wasit yang penuh kontroversi, terlebih lagi karena keputusan-keputusan mereka yang tak kalah kontroversialnya dalam sejumlah laga yang mereka pimpin di kompetisi sepakbola tanah air. 

Keputusan-keputusan yang diambil sebagai pengadil di lapangan justru seringkali tak dilakukan sesuai tanggungjawabnya sebagai seorang wasit, mengakibatkan kerugian, paling utama adalah klub yang terlibat dalam laga tersebut.

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum empat wasit Indonesia yang penuh dengan kontroversi dalam kepemimpinan mereka di sejumlah laga pada kompetisi sepakbola tanah air:

IDS Emoticon Suka
Suka
20%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
40%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
40%