Liga Indonesia

Eks Bintang Persija Puji Kualitas 7 Penjaga Gawang Skuat Garuda

Rabu, 21 Februari 2018 19:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Kemenpora
Mukti Ali Raja, Asisten Timnas U-19. Copyright: © Kemenpora
Mukti Ali Raja, Asisten Timnas U-19.

Timnas Indonesia U-19 maupun Timnas U-23 saat ini tengah melakukan pemusatan latihan bersama di lapangan ABC Senayan, Jakarta. Ada sekitar 49 pemain yang ikut ambil bagian dengan enam diantaranya adalah penjaga gawang yang terdiri dari tiga di Skuat Garuda Nusantara dan lainnya di Skuat Garuda Muda.

Semenjak berkumpul dan latihan perdana Minggu (18/02/18) lalu, para pemain disebut sangat bersemangat dan menunjukkan progres terutama pada Timnas U-19. Meski absen latihan cukup lama, mulai dari November 2017 lalu, Witan Sulaiman dan rekan-rekannya dinilai tetap terjaga performanya.

Hal itu diutarakan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia, Mukti Ali Raja. Secara khusus mantan pemain Persija Jakarta itu juga menyoroti performa tujuh kiper yang dipanggil yakni Andritany Ardhiyasa, Muhammad Ridho, Kurniawan Kartika Ajie, dan Satria Tama dari Timnas U-23 serta Aqil Savik, Rakasurya Handika, hingga Gianluca Rossy dari Timnas U-19.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Latihan Timnas U-23 Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comSuasana latihan Timnas U-19 dan U-23.

Bagi Mukti Ali Raja, tujuh kiper yang ada saat ini adalah yang perwakilan yang terbaik, terutama untuk tiga dari U-19 disebut sebagai kiper masa depan Timnas Indonesia.

"Kiper yang ada sekarang baik U-19 dan U-23 itulah yang terbaik. Kalau untuk di U-23 yang terbaik di kelompoknya, maka U-19 itu kiper masa depan kita," ucapnya usai latihan.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Latihan Timnas U-23 Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comTotal ada 7 pemain 

"Saya kan juga baru di sini, jadi bicara kualifikasi bagaimana saya belum bisa menjawab terlalu jauh, harus belajar dulu dan menyesuaikan program. Tapi saya pikir semua kiper yang ada saat ini adalah yang terbaik," imbuhnya.

Mukti Ali Raja bahkan mengatakan saat ini Indonesia tidak akan kesulitan mencari pemain muda hingga kiper sekalipun. Menurutnya banyak sekali talenta muda berbakat yang mungkin saja belum terpantau dan jika memungkinkan pihaknya siap turun langsung ke daerah untuk memantau dan mencari pemain pilihan.

"Saya pikir tidak terlalu sudah mencari stok kiper yang muda. Tapi diikuti dulu yang ada dan jikakalau ada masalah maka kita akan cari di daerah," tutupnya.

494