Bola Internasional

Tak Peduli Dapat Sanksi Gara-gara Bela Catalunya, Guardiola Beri Pernyataan Tegas

Senin, 26 Februari 2018 17:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Pep Guardiola saat bertemu dengan awak media dengan memakai pita kuning di bagian dada. Copyright: © Getty Images
Pep Guardiola saat bertemu dengan awak media dengan memakai pita kuning di bagian dada.

Selama pertandingan Manchester City yang membawa tim menang 3-0 atas Arsenal, sang pelatih Pep Guardiola kedapatan berdiri menantang memakai pita kuning pada jasnya sebagai bentuk dukungan pro kemerdekaan Catalan dari Spanyol.

Akibat hal tersebut, Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), menganggap aksi Guardiola mengenakan pita kuning merupakan bagian dari pesan politik. FA memang memiliki kebijakan tegas mengenai pesan politik yang disampaikan di atas lapangan.

© Getty Image
Man City juara, Kompany mengangkat Piala Liga Inggris Copyright: Getty ImageMan City juara, Kompany mengangkat Piala Liga Inggris

Mantan manajer Barcelona diberi waktu sampai 5 Maret untuk menjawab tuduhan tersebut. Namun saat sesi konferensi pers, mantan pelatih Barcelona itu tegas dengan aksinya dan tak peduli jika ia akan diberikan sanksi karena memilih untuk membela Catalan.

“Saya menerima jika saya melanggar aturan, saya menerima sanksi denda. Saya adalah manusia, ini tentang kemanusiaan. Ada empat orang dipenjara, ditambah orang (di pengasingan) rupanya karena hasutan, tapi untuk itu Anda harus memiliki senjata, dan kita tidak memiliki senjata,” ujar Guardiola seperti dilansir Reuters.

© Getty Image
Pep Guardiola  memakai pita kuning untuk mendukung pembebasan para politisi Catalan Copyright: Getty ImagePep Guardiola memakai pita kuning untuk mendukung pembebasan para politisi Catalan

Guardiola menyebut pita kuning yang selalu dipakainya itu bukanlah pesan politik melainkan sebagai bentuk demokrasi dan kemanusiaan.

"Ini [pita kuning] selalu bersama saya, selalu akan bersama hingga terakhir kali, karena ini bukan tentang politik, ini tentang orang-orang yang tidak melakukan apapun, tentang demokrasi,” katanya.

Tidak hanya Guardiola rupanya yang menggunakan pita kuning sebagai bentuk dukungan, para penggemar Manchester City juga memakai pita tersebut saat menyaksikan pertandingan di Stadion Wembley Inggris.

Situasi Catalan memang masih memanas pasca referendum kemerdekaan dari spanyol. Mantan presiden Catalan, Carles Puigdemont,kini melarikan diri dari Spanyol sesaat setelah Cataunya mendeklarasikan kemerdekaannya beberapa waktu lalu, namun tak diakui oleh Spanyol.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%