Liga Indonesia

Borneo FC Bocorkan Jadwal Kick Off Liga 1 2018

Kamis, 1 Maret 2018 23:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Logo Liga 1. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1.

Teka teki penyelenggaraan Liga 1 Indonesia sedikitnya mulai terkuak. Salah satu klub peserta, Borneo FC membocorkan jika mereka sudah menerima draft sementara terkait jadwal kompetisi kasta atas Tanah Air. Dalam email yang diterima, disebutkan kick off ditetapkan tanggal 10 Maret 2018 mendatang.

Akan tetapi, jadwal itu masih bersifat sementara dan klub-klub yang akan bertanding belum ditentukan. Artinya baru ada kerangka soal tanggal dan berapa kali dalam seminggu setiap tim akan betanding. Hal itu diutarakan oleh Presiden Borneo FC, Nabil Husein.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1Liga 1 2018 ditetapkan akan dimulai pada 10 Maret 2018.

"Memang sudah dikirimkan ke kita, tapi itu baru draft sementara. Belum ditentuin juga siapa saja lawannya, dan sepertinya kick off seperti yang selama ini diberitakan," ucapnya singkat.

Jadwal Liga 1 memang menjadi persoalan pelik sejauh ini. Sudah dua kali operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) membatalkan kick off dari rencana semulanya.

Awalnya dijadwalkan tanggal 24 Februari 2018, namun akhirnya diundur menjadi 3 Maret 2018. Akan tetapi, kembali LIB mengatakan ada perubahan sehingga kemungkinan baru akan kick off pada 10 Maret 2018 mendatang.

© bola.net
Presiden PBFC, Nabil Husein. Copyright: bola.netPresiden Borneo FC, Nabil Husein.

Selain membocorkan jadwal kick off liga, Nabil Husein juga menyatakan sudah menerima undangan untuk mengikuti rapat umum pemegang saham (RUPS) sebelum liga bergulir.

Meski begitu, ia belum bisa menjelaskan secara detail apakah pada RUPS nanti dibahas juga soal tunggakan subsidi musim lalu oleh operator kompetisi.

"Sudah terima email soal itu (RUPS) kemarin," tutupnya.

Terkait kick off Liga 1, federasi sepakbola Indonesia, PSSI melalui wakil ketua umum, Joko Driyono menegaskan agar PT LIB segera membayar tunggakan subsidi. Jika tidak segera dilunasi, maka bisa saja agenda Liga 1 kembali ditunda.

Pria yang akrab disapa Jokdri juga menyatakan Liga 1, maupun semua kasta sepakbola diinstruksikan libur saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 pada Agustus 2018 mendatang. Secara perhitungan, semua pertandingan akan vakum dalam waktu kurang lebih dua minggu yang artinya akan ada perubahan jadwal kompetisi.