Liga Italia

Juventus 1-0 Atalanta: Diselamatkan Penalti Eks Roma

Kamis, 1 Maret 2018 01:44 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter @juventusfc
Selebrasi Pjanic usai membobol gawang Atalanta lewat tendangan penalti. Copyright: © Twitter @juventusfc
Selebrasi Pjanic usai membobol gawang Atalanta lewat tendangan penalti.

Babak Pertama

Memiliki defisit satu gol, Atalanta mencoba berinisiatif untuk melakukan serangan sejak awal. Di menit keempat saja, anak asuh Gianpiero Gasperini ini sudah membuka peluang lewat Papu Gomez. Sayang, tendangan melengkungnya masih bisa diamankan penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon.

Begitu menguasai pertandingan, Josep Illicic dan kawan-kawan bahkan mencatatkan 98% penguasaan bola dalam enam menit berjalannya laga.

Sempat berjalan keras dengan terjadinya pelanggaran oleh pemain dari kedua tim, Atalanta masih terus dominan meski berstatus sebagai tim tamu. Bahkan Buffon harus kembali bekerja keras pada menit ke-12 untuk menghentikan tandukan Gomez yang menyambut umpan dari rekannya disisi kanan.

Terus ditekan, pemain belakang Juventus Giorgio Chellini jutru mendapatkan kartu kuning tidak penting akibat protesnya ke wasit terhadap tindakan Caldera yang menjegal kakinya.

Berjalan 20 menit, Si Nyonya Tua sudah mulai bisa meningkatkan permainannya. Bahkan menit ke-35 anak asuh Masimilliano Allegri bisa saja unggul andai penyerangnya Mario Manzukic berhasil memanfaatkan kemulut yang terjadi di depan gawang Etrit Berisha.

© INDOSPORT
Gianluigi Buffon. Copyright: INDOSPORTGianluigi Buffon dipaksa bekerja keras oleh para pemain Atalanta di babak pertama.

Pertandingan semakin dikuasai Bianconeri, membuat pemain Atalanta, Papu Gomes mendapatkan kartu kuning usai gagal melewati bek Juventus, Lichtsteiner dan malah menjegalnya pada menit ke-37.

Melewati menit ke-40, Nyonya Tua mendapatkan dua peluang emas, satu lewat Chellini yang ikut maju kedepan, dan satu lagi oleh Asamoah yang coba menanduk bola. Namun sayang, bola masih melebar sedikit disamping gawang. Babak pertamapun berakhir tanpa gol setelah sebelumnya Miralem Pjanic mendapatkan kartu kuning akibat melakukan diving.

Babak Kedua

Sekembalinya dari ruang ganti, Juventus masih tetap mengontrol jalannya laga. Terlebih gemuruh suporter tuan rumah semakin membuan Pjanic dan kawan-kawan semangat bermain di lapangan dengan suhu yang sangat dingin.

Menit ke-64, Gasperini mencoba membuat perubahan bagi Atalanta. Mantan pelatih Inter Milan itu  menggantikan Josip Ilicic dengan penyerang lainnya, Andreas Evald Cornelius.

Ditengah kepungan Juventus, Atalanta justru mengejutkan. Menit ke-65 mereka hampir unggul leat Papu Gomez, namun beruntung ada Buffon dibawah gawang Juventus. Pemain 40 tahun itu berhasil mencegah bola melewati garis gawangnya. Peluang Atalanta langsung dibalas Juve, tendangan Costa hampir saja berbuah gol andai tidak digagalkan tiang gawang.

Gol yang dintanti-nanti publik Allianz Stadium pun akhirnya tercipta di menit ke-74. Usai Mancini menjatuhkan Matuidi di kotak penalti. Eksekusi manis dari Miralem Pjanic melesat mulus ketengah gawang yang dikawal Etrit Berisha. Mantan penggawa AS Roma itu membuat skor menjadi 1-0 Juventus untuk keunggulan Juventus dan membuat aggregat jadi 2-0.

Atalanta mencoba langsung membalas dengan memasukan Luca Rizzo yang menggantikan Mancini. Namun dominasi Juve semakin menjadi-jadi. Nyonya Tua tidak mengendurkan serangan sedikitpun, bahkan Allegri memasukan penyerangnya asal Argentina, Paulo Dybala menggantikan Douglas Costa di menit ke-84.

Sayangnya disisa pertandingan tidak ada paluang berarti yang berhasil diciptakan Juventus, pertandingan berakhir dengan skor 1-0 saat wasit meniup peluit akhir di menit ke-90+4.

Juventus unggul aggregat 2-0 dan memastikan diri melaju ke partai final Coppa Italia, menunggu pemenang antara laga semifinal lainnya, yakni antara Lazio vs AC Milan.

Susunan Pemain:

Juventus (4-3-3): Gianluigi Buffon, Stephan Lichtsteiner, Medhi Benatia, Giorgio Chiellini, Kwadwo Asamoah, Claudio Marchisio, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi, Douglas Costa, Mario Mandzukic, Alex Sandro.
Pelatih: Masimilliano Allegri

Atalanta (3-4-1-2): Etrit Berisha, Gianluca Mancini, Mattia Caldara, Andrea Masiello, Hans Hateboer, Marten de Roon, Remo Freuler, Leonardo Spinazzola, Bryan Cristante, Josip Ilicic, Alejandro Gomez.
Pelatih: Gian Piero Gasperini