Liga Italia

Lazio 0-1 Juventus: Dybala Sang Penyelamat!

Minggu, 4 Maret 2018 02:10 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
paolo Dybala saat di pertandingan Juventus melawan Lazio. Copyright: © INDOSPORT
paolo Dybala saat di pertandingan Juventus melawan Lazio.

Babak Pertama

Meski datang sebagai tamu, Juventus lebi dulu mengambil inisiatif serangan setelah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Matuidi melepaskan sebuah umpan yang diterima Dybala di kotak penalti Lazio. Namun, sebelum menendang, penyerang asal Argentina itu dijatuhkan pemain bertahan Lazio dan wasit tidak memberi penalti.

Ketika laga menunjukkan menit ke-12, Lazio akhirnya mampu lepas dari tekanan Juventus. Jordan Lukaku menjadi motor serangan tim ibu kota dengan terus menciptakan pelaung. Sayangnya, masih belum ada yang mampu mengancam gawang Buffon.

Hingga memasuki pertengahan babak pertama, laga antara Lazio vs Juventus berlangsung keras. Namun, wasit baru mengeluarkan kartu kuning pertama untuk pemain Luiz Felipe pada menit ke-30.

Sembilan menit jelang berakhirnya babak pertama, Juventus sempat dibuat ketar-ketir. Pasalnya, kiper andalan mereka, Buffon sempat meringis kesakitan usai meninju bola menjauh dari gawangnya. Beruntung, setelah mendapat perawatan, ia dinilai masih bisa melanjutkan laga.

© INDOSPORT
Luis Alberto mencoba melewati para pemain Juventus. Copyright: INDOSPORTLuis Alberto mencoba melewati para pemain Juventus.

Hingga menit-menit paruh pertama, kedua kesebelasan masih sama-sama kesulitan mencari gol pembuka keunggulan. Alhasil skor 0-0 mengiringi langkah pemain Lazio dan Juventus ke ruang ganti.

Babak Kedua

Sekembalinya dari ruang ganti, Juventus kembali menjadi pihak yang mengambil alih serangan. Namun, Mandzukic dan kolega dibuat kesulitan untuk menembus pertahanan Lazio. Pasalnya, ketika Juventus menguasai bola, maka tujuh pemain Lazio akan langsung mundur menjaga kotak penalti.

Meski lebih banyak bermain bertahan, Lazio sempat saja membuat Juventus tersentak. Di menit ke-54, Lukaku mengirimkan sebuah umpan lambung ke arah Immobile yang berlari kencang hingga kotak penalti Juventus. Beruntung bagi Nyonya Tua, masih ada Benatia yang mampu memotong bola umpan dan membuat Buffon tidak perlu bekerja keras untuk menangkap bola.

Merasa permainan menyerangnya menemui jalan buntu, Allegri akhirnya memutuskan untuk melakukan pergantian pemain, Lishtsteiner ditarik mundur dan digantikan oleh Douglas Costa.

Masuknya Costa pun membuat permainan Juventus lebih variatif. Namun, lagi-lagi ketatnya pertahanan Lazio membuat Juventus tetap tidak bisa membuka keunggulan.

Hingga akhirnya, ketika laga hanya menyisakan lima detik lagi, Paulo Dybala membungkam publik Stadio Olimpico. Menerima umpan dari Rugani, Dybala yang dikawal ketat tiga pemain Lazio susah payah menendang bola yang tidak mampu diantisipasi Strakosha.

Gol Dybala itu sendiri menjadi penutup jalannya pertandingan. Juventus berhasil meraih poin penuh setelah menang tipis dengan skor 1-0.

Kemenangan atas Lazio ini pun membuat Juventus menempel ketat Napoli di tabel klasemen sementara Serie A Italia 2017/18. Nyonya Tua masih menempati peringkat dua dengan koleksi 68 poin, selisih satu poin dengan Napoli.

Sementara Lazio, meski gagal meraih poin, mereka masih aman di peringkat tiga klasemen sementara, menduduki peringkat tiga dengan koleksi 52 poin.

Susunan Pemain Kedua Kesebelasan:

Lazio (3-5-2): Strakosha, Radu, De Vrij, Luiz Felipe, Lukaku, Milinkovic, Leiva, Parolo, Lulic, Immobile, Alberto.
Pelatih: Simone Inzaghi.

Juventus (3-5-2): Buffon; Barzagli, Benatia, Rugani; Lichtsteiner, Khedira, Pjanic, Matuidi, Asamoah; Dybala, Mandzukic.
Pelatih: Massimiliano Allegri.