Bola Internasional

Publik Sepakbola Jerman Digegerkan dengan Kemunculan Bocah Ajaib 13 Tahun

Minggu, 4 Maret 2018 08:00 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi
 Copyright:

Baru-baru ini publik sepakbola Jerman dikejutkan oleh kemunculan seorang bocah ajaib kelahiran Kamerun,  Youssoufa Moukoko. Bagaimana tidak, di usianya yang baru berusia 13 tahun Moukoko sudah bermain bersama tim yang jauh di atas usianya saat ini.

Bahkan, ketika masih berusia 12 tahun musim lalu, Moukoko telah memperkuat Borussia Dortmund U-15 setelah didatangkan dari St. Pauli. Bermain melawan pemain yang usainya tiga tahun lebih tua,  Moukoko berhasil menorehkan total 33 gol selama 21 pertandingan musim 2016/17.

Pencapaian gemilang tersebut membuat pihak Die Borussen menaikan kelasnya ke tim U-17 musim ini. Dengan jarak usia yang lebih jauh lagi, alih-alih kesulitan, bocah ajaib ini justru semakin menarik perhatian. Sejauh ini, bocah bertubuh gempal itu telah menorehkan 30 gol hanya dalam 16 pertandingan. 30 gol tersebut termasuk tiga kali hattrick dan satu quantrick.

Salah satu hattrick yang mencuri perhatian adalah ketika dirinya berhasil menghindarkan Dortmund dari kekalahan di Derby Revierderby pada Oktober 2017 lalu menghadapi Schalke 04. Tiga gol yang diciptakan saat timnya tertinggal 3-1 dan memaksa skor akhir berkesudahan 4-4.

© Bundesliga
Youssoufa Moukoko Copyright: BundesligaYoussoufa Moukoko

Meski lahir di Kamerun pada 24 November 2004, bakat  Moukoko sudah dilihat federasi sepakbola Jerman. Deutscher Fussball-Bund (DFB) sudah memanggilnya dalam empat pertandingan Timnas Jerman U-15. Beseragam Der Panzer, bocah berkulit hitam ini berhasil mencetak 3 gol.

1.8K