Liga Indonesia

Alami Cedera, Gelandang Timnas U-16 Ini Batal Diboyong ke Jepang

Senin, 5 Maret 2018 15:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
© PSSI
Penggawa Garuda Asia, Amanar Abdillah. Copyright: © PSSI
Penggawa Garuda Asia, Amanar Abdillah.

Timnas Indonesia U-16 akan tampil pada turnamen Jenesys yang berlangsung di Jepang pada tanggal 6-15 Maret 2018, setelah menyelesaikan pemusatan latihan dan uji coba tahap kedua. Rencananya tim akan berangkat pada Senin (05/03/18), pukul 23.00 WIB.

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini sejatinya akan membawa 18 pemain ke Jepang. Akan tetapi, niatan tersebut urung terlaksana setelah salah satu gelandang pilihan, Amanar Abdillah dipastikan tidak bisa ikut dalam rombongan karena mengalami cedera, sehingga nantinya hanya ada 17 nama yang diboyong.

Dokter timnas U-16, Dicky Muhammad Shofwan lantas memberikan penjelasan terkait cedera yang dialami Amanar. Menurut sang dokter pesepakbola jebolan SSB Posila itu mengalami cedera hamstring ringan sehingga mengalami pembengkakan di kaki dan harus dirawat.

© PSSI
Amanar Abdillah saat merayakan gol bersama rekan satu timnya usai membobol gawang Thailand. Copyright: PSSIAmanar Abdillah saat merayakan gol bersama rekan satu timnya usai membobol gawang Thailand.

"Pemain mengalami sedikit masalah. Otot hamstring yang tertarik, walaupun ringan, harus dirawat dengan segera untuk mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan," ujarnya. 

"Dalam banyak kasus, cedera akan kembali normal dalam beberapa minggu, tetapi pada kasus yang parah, penyembuhan mungkin diharuskan melalui operasi. Makanya tadi saya memberikan penjelasan tersebut kepada pelatih kepala," sambungnya di balik keputusan tidak membawa Anamar.

Pelatih Fakhri Husaini pun memilih mengikuti rekomendasi tim dokter karena tidak mau mengambil resiko terlalu besar pada diri Amanar. Pelatih 52 tahun itu ingin anak asuhnya fokus pada masa pemulihan lantaran tenaganya lebih dibutuhkan pada kejuaraan sesungguhnya di Piala AFF dan Piala Asia tahun ini.

"Kondisi Amanar tidak memungkinkan untuk berangkat, karena mengalami cedera. Menurut dokter tim, dia harus menjalani perawatan. Saya tidak mau ambil resiko," urainya.

Timnas U-16 berangkat ke Jepang dengan modal cukup bagus. Selama masa pemusatan latihan (TC) yang berlangsung selama dua pekan para pemain ditempa latihan fisik, mental, teknik, strategi dan taktik. Tak hanya itu,  Timnas U-16 juga melakukan tiga kali uji coba dan dua kali meraih kemenangan yakni menang 9-0 atas Persija Barat U-17 dan menang 8-0 atas Akademi Babek U-17, serta sekali kalah dari Diklat Ragunan U-17 dengan skor 2-3.

"Selama menjalani pemusatan latihan tahap kedua ini, saya rasa pemain sudah siap untuk mengikuti Jenesys. Dari segi pemahaman taktik, teknik, fisik dan mental para pemain," tutup Fakhri Husaini.

122