Liga Indonesia

Termasuk Jebolan Akademi Chelsea, Ini 17 Pemain Timnas U-16 untuk Turnamen Jenesys

Senin, 5 Maret 2018 15:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas U-16 vs Academy Babek Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas U-16 vs Academy Babek

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini telah menetapkan 17 pemain yang akan dibawa mengikuti kejuaraan di Jepang yakni Turnamen Jenesys pada 6-15 Maret 2018 mendatang. Jumlah ini sejatinya berbeda atau kurang satu pemain dibanding rencana sebelumnya yakni membawa 18 pemain.

Rupanya keputusan meninggalkan salah satu pemain yakni Amanar Abdillah baru diambil jelang keberangkatan malam ini. Gelandang Timnas U-16 itu dilaporkan mengalami cedera hamstring sehingga tidak bisa diikutsertakan dalam rombongan. Untuk itu, pelatih Fakhri Husaini ingin Amanar berkonsentrasi pada pemulihan cederanya karena kesempatan bermain masih banyak terutama pada Piala AFF dan Piala Asia tahun ini.

"Kondisi Amanar tidak memungkinkan untuk berangkat, karena mengalami cedera. Menurut dokter tim, dia harus menjalani perawatan. Saya tidak mau ambil resiko," ujarnya.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas U-16 vs Academy Babek Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas U-16 vs Academy Babek

Dengan memilih 17 nama, artinya pelatih Fahkri Husaini tidak membawa delapan pemain yang sejatinya sudah ikut pemusatan latihan selama dua pekan terakhir di Cijantung. Meski demikian, pria 52 tahun itu menegaskan jika pemain yang tidak dibawa serta masih punya kans untuk kembali bermain bagi Timnas U-16.

"Saya juga mengatakan kepada pemain lain yang tidak berangkat, kalau perjalanan mereka masih panjang. Bukan hanya di Jenesys ini. Mereka masih bisa punya kesempatan di dua turnamen lagi (Piala AFF U-15 dan Piala AFC U-16) tahun ini. Jadi jangan berkecil hati. Ini merupakan bagian kecil dari perjalanan karier mereka, dengan umur yang masih belia, pemain masih memiliki banyak kesempatan," jelasnya lebih detail.

Dari 17 nama yang dibawa, Fakhri Husaini tercatat hanya memakai satu striker yakni Zutan Zico yang merupakan jebolan dari Chelsea Soccer School. Selain itu beberapa nama langganan seperti Hamsah Lestaluhu, Rendy Juliansyah hingga Amiruddin Bagas Kaffa menjadi andalan Skuat Garuda Asia.

Selain Indonesia dan Jepang sebagai tuan rumah, Turnamen Jenesys juga dihadiri oleh beberapa negara seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Timor Leste, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand serta Vietnam. Sebagai informasi, Turnamen Jenesys termasuk dalam program JENESYS (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) 2018 atau program pertukaran pelajar antara negara Jepang dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang diluncurkan oleh pemerintahan Jepang.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas U-16 vs Academy Babek Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTTimnas U-16 vs Academy Babek

Berikut daftar nama-nama pemain Timnas U-16 di Turnamen Jenesys

Kiper:
1. Ahludz Dzikri Fikri
2. Ernando Ari Sutaryadi

Belakang:
3. Ahmad Rusadi
4. Fadillah Nur Rahman
5. Muhammad Reza Fauzan
6. Amiruddin Bagas Kaffa
7. Muhammad Salman Alfarid
8. Mochamad Yudha Febrian

Tengah:
9. David Maulana
10. Komang Teguh Trisnanda
11. Brylian Aldama
12. Rendy Juliansyah
13. Hamsa Lestaluhu
14. Mochammad Supriadi
15. Andre Oktaviansyah
16. Yadi Mulyadi

Depan:
17. Sutan Zico

378