Liga Indonesia

Respek, Suporter PSM Makassar Tiru Kebisasaan Pendukung Jepang Piala Dunia 2018

Kamis, 12 Juli 2018 16:12 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Lanjar Wiratri
© Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Suporter PSM Makassar. Copyright: © Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Suporter PSM Makassar.

PSM Makassar gagal menunaikan misi revans dari Bali United. Juku Eja dipaksa mengakui keunggulan Serdadu Tridatu dua gol tanpa balas. Namun, para suporter tim tamu menunjukkan sikap terpuji di Stadion I Wayan Dipta seusai laga.

Laga berjalan sengit nyaris sepanjang pertandingan. Benturan antar pemain membuat wasit harus mengeluarkan delapan kartu kuning dari total 48 pelanggaran yang terjadi. 

Beruntung dalam laga ini tidak terjadi hal yang di luar batas normal. Tim tamu yang kalah, menerima dengan legawa hasil tersebut.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

Begitu pun dengan para suporter tim Juku Eja yang juga menerima dengan lapang dada. Puluhan fans setia PSM membersihkan bagian tribun Stadion I Wayan Dipta, pasca laga, Rabu (11/07/18).

Sebuah rekaman video pendek yang beredar di media sosial memperlihatkan dengan jelas kegiatan tersebut. Video yang diunggah akun PSMMakassar_news ini mendapat Like dari pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts.

 

FT , @baliunitedfc 2 - 0 @psm_makassar Bukan cm sporter jepang yg bisa membersihkan stadion , sporter psm pun bisa 💪💪💪

A post shared by PSM_News (@psmmakassar_news) on

Selain pelatih, beberapa pemain Juku Eja juga terlihat mengapresiasi video yang beredar di media sosial tersebut. Di antaranya, Zulkifli Syukur dan Abdul Rahman Sulaeman.

Kegiatan itu mengingatkan pada apa yang dilakukan para suporter Jepang di Piala Dunia Rusia beberapa waktu lalu. Di mana ketika Samurai Biru tersingkir dari Timnas Belgia, mereka respek dengan membersihkan tribun stadion (oleh penonton) dan loker room (oleh para pemain) seusai pertandingan.