Bola Internasional

Keriuhan Media Sosial Usai Prancis Juara Piala Dunia 2018

Senin, 16 Juli 2018 09:29 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Para pemain Prancis merayakan gol yang dicetak oleh Paul Pogba. Copyright: © INDOSPORT
Para pemain Prancis merayakan gol yang dicetak oleh Paul Pogba.

Prancis akhirnya meraih juara Piala Dunia 2018 setelah di final yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/07/18) usai mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2.

Prancis membuka keunggulan lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic yang tak sengaja menyundul bola mati Antoine Griezmann. Lalu, Kroasia membalas lewat gol Ivan Perisic. Prancis unggul lagi lewat penalti setelah wasit melihat tayangan video bahwa Perisic menyentuh bola dengan tangan.

Griezmann berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Prancis semakin menjadi lewat dua gol indah dari Paul Pogba dan Kylian Mbappe. Mandzukic kembali mencetak gol (kali ini untuk timnya) setelah kiper Les Bleus Hugo Lloris melakukan blunder tak perlu.

Sekalipun kalah, Kroasia pun patut bangga. Ini pencapaian yang melebihi ekspektasi banyak orang. 20 tahun lalu, mereka mencapai peringkat ketiga di Prancis. Tahun ini, mereka mencetak sejarah sebagai tim Eropa Timur pertama yang mencapai final Piala Dunia 2018.

Seperti biasa, kemeriahan menyambut juaranya Prancis tak hanya ada di dunia nyata. Di dunia maya juga tak kalah heboh. Berikut ini beberapa reaksi di Twitter sebagaimana dilansir ESPN dan DW.

Para pemain Jerman yang sudah pulang lebih awal ikut memberi ucapan selamat kepada kedua tim yang tampil di final. Seperti yang diungkapkan bek Die Mannschaft dan Bayern Munchen ini.

"Jadi mungkin akan ada juara baru tahun ini. Selamat untuk Prancis dan Kroasia. Keduanya memang layak tampil di final," cuit Mats Hummels.

Toni Kroos ikut memberi selamat kepada rekan seklubnya di Real Madrid, Raphael Varane. Bek Prancis ini berhasil mengawinkan gelar Liga Champions Eropa dan juara dunia. Kroos juga menyemangati rekannya asal Kroasia yang bermain di Los Blancos, Luka Modric dan Mateo Kovacic.

"Selamat untuk @FFF #France dan @raphaelvarane! Kalian layak menjadi penerus kami di @FIFAWorldCup! Tetap pulang dengan kepala tegak untuk @lukamodric10 dan @Mateo_Kova23! Kalian sudah menampilkan yang terbaik bersama #Croatia!"

Kroasia memang kalah. Tetapi bukan berarti para suporter tidak bangga akan tim nasional mereka.

"Luar biasa. Dua jam setelah laga para suporter tetap di sini. Kebahagiaan yang sesungguhnya. Rasa bangga akan tim dan negaranya."

Petenis top Kroasia Marin Cilic ikut menyuarakan rasa bangga akan penampilan Ivan Perisic dan kolega.

"Bangga. Terima kasih telah memberikan yang terbaik."

Menurut catatan Opta, Raphael Varane menjadi pemain keempat yang meraih gelar Liga Champions Eropa dan juara dunia di musim yang sama. Sebelumnya ada Christian Karembeu (Prancis dan Real Madrid 1998), Roberto Carlos (Brasil dan Real Madrid 2002), dan Sami Khedira (Jerman dan Real Madrid 2014).

Presiden AS Donald Trump juga tak mau ketinggalan mengucapkan selamat. Dan Trump juga mengucapkan selamat kepada Rusia karena sudah sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia.

"Selamat untuk Prancis, yang bermain luar biasa dan menjadi juara dunia 2018. Dan selamat juga untuk Presiden Putin karena sudah sukses menyelenggarakan Piala Dunia. Salah satu yang terbaik."

Selamat! Prancis Menjadi Juara Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%