Bola Internasional

Syarat Ini Buat Eks Pemain Liga Inggris Sulit Jadi Pelatih Thailand

Senin, 10 September 2018 17:11 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© affsuzukicup
Kiatisuk Senamuang tersenyum saat konferensi pers Piala AFF Suzuki Cup 2016. Copyright: © affsuzukicup
Kiatisuk Senamuang tersenyum saat konferensi pers Piala AFF Suzuki Cup 2016.

INDOSPORT.COM - Setelah pemecatan pelatih Worrawoot Srimaka atas kinerja buruk Timnas Thailand U-23 di Asian Games 2018, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) sedang mencari pengganti.

Presiden FAT, Somyot Poompunmuang pun telah melempar tantangan untuk pelatih yang berminat agar segera mendaftarkan diri.

"Setiap pelatih yang ingin mencoba posisi ini dapat mendaftar sekarang," kata Somyot Poompunmuang, dikutip dari Bongda.

Meski demikian, ternyata FAT memiliki kriteria lain untuk tak menerima lamaran dari pelatih lokal. Mereka mencari seorang pelatih asing untuk Timnas U-23 Thailand dan tidak mempercayai pelatih pribumi. Kriteria itu secara tidak langsung memupuskan nama mantan pelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang.

Perlu diketahui, setelah kegagalan Thailand di Asian Games 2018, Kiatisuk, yang pernah memperkuat Huddersfield Town, menjadi sosok yang diharapkan suporter untuk mengisi kursi pelatih setelah pemecatan Worrawoot Srimaka.

Sepak terjang pelatih yang akrab disapa Zico itu sendiri tidak perlu dipertanyakan, lantaran telah terbukti membawa banyak kesuksesan untuk Thailand dan Thailand U-23. Tercatat ia membawa Thailand dua kali menjuarai Piala AFF (2014 dan 2016) dan juga meraih medali emas SEA Games 2013.

Sebagai informasi, FAT tengah mencari pelatih baru untuk memprbaiki peforma Timnas Thailand U-23 yang akan berlaga di Piala Asia U-23 2020 dan Olimpiadeo 2020 di Tokyo, Jepang.

Selama lebih dari setahun, Thailand U-23 terus mengalami kemunduran. Skuat Gajah Putih itu gagal total di Piala Asia U-23 dengan terlempar dari babak 16 besar. Kemudian, Thailand tak mampu lolos dari fase grup Asian Games 2018.

Rentetan hasil buruk tersebut membuat FAT mereformasi Thailand U-23 dengan salah satu caranya adalah mendatangkan pelatih anyar.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.

210