Bola Internasional

Spanyol Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Euro 2028

Kamis, 13 September 2018 21:05 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© AS
Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez dan Presiden RFEF Luis Rubiales bertemu dengan presiden FIFA, Gianni Infantino Copyright: © AS
Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez dan Presiden RFEF Luis Rubiales bertemu dengan presiden FIFA, Gianni Infantino

INDOSPORT.COM - Spanyol resmi mengajukan tawaran kepada FIFA untuk menjadi tuan rumah kompetisi bergengsi Eropa, yakni Euro pada tahun 2028 nanti.

Dilansir dari AS, proposal tersebut diajukan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan Presiden RFEF Luis Rubiales kepada presiden FIFA, Gianni Infantino dalam pertemuan di Moncloa Palace.

Spanyol seniri belum pernah menyelenggarakan Euro. Kejuaran Eropa yang akan terjadi dalam waktu dekat, yakni di tahun 2020 ketika Bilbao akan jadi salah satu dari 12 kota tuan rumah untuk turnamen Eropa versi Pan.

Masalah lainnya yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah kemungkinan Spanyol dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.  Ada dua cara potensial yang dapat ditempuh Spanyol. 

Mereka dapat mencalonkan diri sebagai penyelenggara tunggal atau mengajukan tawaran bersama dengan Maroko dan Portugal. Opsi terakhir ini cukup disukai oleh Federasi Sepakbola Spanyol .

Sebelumnya, Spanyol juga pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1982. Pada kesempatan itu, Italia dinobatkan sebagai juara dunia setelah mengalahkan Jerman Barat pada partai final di Santiago Bernabeu.

Pada 2030 akan menjadi 100 tahun penyelenggaraan Piala Dunia dan FIFA berpeluang besar menyelenggarakannya di Uruguay, yang merupakan negara pertama yang menyelenggarakan pesta bola terbesar itu.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM