Liga Indonesia

Suporter Bentuk Koreografi, Begini Komentar ‘Ancaman’ PSSI

Selasa, 18 September 2018 17:54 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/Indosport.com
Persib Bandung vs Arema FC Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Persib Bandung vs Arema FC

INDOSPORT.COM – Kelompok suporter sejumlah klub di Indonesia kian kreatif dalam mendukung tim kesayangannya. Hal itu mendapatkan sorotan dari induk sepak bola Indonesia, PSSI.

Sekretasi Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, mengungkapkan pandangannya terhadap aksi koreografi yang kerap dilakukan kelompok suporter di Liga Indonesia. Federasi tidak melarang aksi tersebut asalkan tidak melanggar aturan.

"Sudah diatur di dalam regulasi setiap koreografi ataupun perkataan yang berbau rasisme, agama, politis, komunitas tertentu dan sebagainya itu pasti dilaporkan di Match Commissioner," ucap Tisha dikutip bobotoh.id

"Dan, tidak perlu ada dengar-mendengar dari klub tersebut. Pasti klub yang bersangkutan kita langsung jatuhi hukuman. Itu sudah diatur di regulasi," tambahnya.

"PSSI tidak punya kuasa sampai ke sana (melarang koreografi). Yang kita punya adalah hukum sepak bola. Jadi ya kita akan memberikan sanksi yang setegas-tegasnya tentang pelanggaran-pelanggaran di hukum yang bisa kita kontrol."

Ratu Tisha juga memberikan solusi agar kelompok suporter tetap berhati-hati dalam mendukung klub pujaannya. Persoalan terkait koreografi ini diakui tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi di luar negeri pula.

“Kita harus bersinergi bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya serta Kementerian Olahraga, itu adalah permasalahan negeri ini dan itu terjadinya tidak hanya di sepak bola," tambahnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Liga Indonesia di INDOSPORT