Bola Internasional

Lampaui Barcelona, Real Madrid Menjadi Klub Terkaya di Dunia

Jumat, 5 Oktober 2018 00:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Juni Adi
© Getty Image
Real Madrid juara Liga Champions 2017/2018. Copyright: © Getty Image
Real Madrid juara Liga Champions 2017/2018.

INDOSPORT.COMReal Madrid kembali menunjukan kekuatannya, tak hanya kekuatan di dalam lapangan melainkan dari segi finansial. Los Blancos kini telah dinobatkan sebagai klub terkaya di dunia.

Prestasi tim arahan Julen Lopetegui itu melampaui Manchester United dan menyaingi Barcelona untuk menjadi klub yang paling bergelimang uang di dunia sepak bola sepanjang musim 2018/19 sejauh ini.

Setelah memenangkan trofi Liga Champions tiga kali secara berturut-turut, pendapatan mereka naik sebesar 60 juta poundsterling (Rp1,13 triliun) dari 659 juta poundsterling (Rp12,45 triliun) pada musim 2017/18.

Menurut kabar dari laman Sun Sports, sedangkan posisi kedua ditempati oleh Barcelona dengan kekayaan senilai Rp11,3 triliun. Man United menyusul di posisi ketiga karena mengalami penurunan akibat permasalahan yang mereka alami yakni sebesar 590 juta poundsterling (Rp11,1 triliun).

Padahal, pada musim lalu semuanya terbalik secara signifikan. Di mana klub raksasa Premier League itu menguasai klasemen sebagai klub paling kaya di seluruh dunia.

Kubu Jose Mourinho mendapatkan Rp59,4 triliun dari jumlah keseluruhan pundi-pundi mereka yang berasal dari hak siaran, sponsor, dan merchandise yang di jual.

Diposisi selanjutnya disusul oleh  Real Madrid senilai Rp59,3 triliun dan Barcelona Rp58 triliun pada musim 2017/18 lalu.

Sementara klub Liga Inggris lainnya seperti Arsenal, Chelsea dan Liverpool belum melaporkan angka-angka terbaru mereka, tetapi nilai kekayaannya masih jauh dibandingkan dengan dua klub asal Manchester tersebut.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lain di INDOSPORT. 

345