Bola Internasional

Tantang Jepang U-19, 3 Formasi Ini Patut Diterapkan Indra Sjafri

Sabtu, 27 Oktober 2018 15:50 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Indra Sjafri memberikan arahan kepada anak asuhnya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Indra Sjafri memberikan arahan kepada anak asuhnya.

INDOSPORT.COM - Salah satu jadwal pertandingan Piala Asia U-19 2018 akan mempertemukan Timnas Indonesia U-19 vsi Jepang U-19 di babak perempat final. Butuh kemenangan bagi skuat Garuda Nusantara jika mereka ingin lolos ke semifinal sekaligus bermain di ajang Piala Dunia U-20 di Polandia.

Namun, langkah Indonesia U-19 menuju Piala Dunia U-20 dapat dipastikan tidak akan berjalan mudah. Pasalnya, Jepang U-19 bukanlah lawan yang sembarangan. Dalam Piala Asia U-19 yang berlangsung dua tahun lalu, Jepang sukses keluar sebagai juara.

Tak hanya itu, jelang melawan Jepang, Indonesia U-19 juga harus siap akan kemungkinan tidak dapat diperkuat dua pemain utamanya. Sang kapten Nurhidayat dipastikan absen lantaran terkena kartu merah di laga terakhir fase grup melawan Uni Emirat Arab (UEA).

Selain itu, pemain andalan, Egy Maulana Vikri juga kemungkinan besar harus menjadi penonton di laga perempat final nanti. Pada lawan UEA kemarin, Egy terpaksa ditarik keluar karena mengalami cedera. Hingga saat ini pun kondisinya belum dapat dipastikan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Egy Maulana Vikri mencoba melwati adangan pemain UEA U-19. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTEgy Maulana Vikri mencoba melewati hadangan pemain UEA U-19.

Dengan kemungkinan besar kehilangan dua pemain inti, jelas menjadi sebuah kerugian bagi Garuda Nusantara. Indra Sjafri selaku pelatih harus memutar otak dan meracik formasi yang tepat untuk membuat Indonesia tidak pincang ketika bermain.

Untuk itu, berikut INDOSPORT merangkum 3 racikan formasi yang dapat digunakan Indra Sjafri kala menantang Jepang, Minggu (28/10/18) malam pukul 19.30 WIB.

174