Bola Internasional

Inilah 3 Kiper Terbaik Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah Piala AFF

Selasa, 20 November 2018 15:58 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Yuhariyanto/INDOSPORT
Hendro Kartiko. Copyright: © Yuhariyanto/INDOSPORT
Hendro Kartiko.
Hendro Kartiko

Inilah salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki oleh Timnas Indonesia, sampai-sampai Hendro Kartiko pernah dijuluki ‘Fabian Barthez dari Indonesia’. Julukan tersebut ia dapatkan tak lepas dari penampilan apiknya di Piala Asia 2000, di ajang tersebut Hendro Kartiko juga menjadi salah satu kiper terbaik.

Mencatatkan penampilan sebanyak 60 kali telah membuatnya terus mengawal gawang Timnas Indonesia hingga ajang Piala AFF 2007. Dengan rekor penampilannya, membuat Hendro Kartiko pernah merasakan tiga final Piala AFF (2000, 2002, 2004) bersama Timnas Indonesia.

Penampilan terbaiknya ada pada ajang Piala AFF 2004, ia mencatatkan gawangnya tetap cleansheet dalam 4 pertandingan di fase grup termasuk melawan tuan rumah Vietnam dan calon juara, Singapura. Sayang, meski pernah membawa Timnas Indonesia bermain di 3 final berturut-turut, tetap saja ia gagal mengangkat trofi Piala AFF.

Kelebihan yang dimiliki oleh Hendro Kartiko terletak pada reflek yang bagus, tangguh dalam duel satu lawan satu dan membuat rekan-rekannya merasa nyaman dan aman. Hendro Kartiko tak bisa dipungkiri, merupakan panutan kiper-kiper yang ada saat ini di Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
67%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%