Bola Internasional

Saat Remaja, Manuel Neuer Ternyata Pernah Ditolak Jadi Kiper karena Fisiknya

Rabu, 12 Desember 2018 15:21 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Lanjar Wiratri
© Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Manuel Neuer saat berlaga di lapangan. Copyright: © Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Manuel Neuer saat berlaga di lapangan.

INDOSPORT.COM - Siapa sangka kiper Timnas Jerman dan Bayern Munchen, Mauel Neuer, ternyata pernah nyaris gagal mewujudkan cita-citanya sebagai pesepak bola? Sebuah kisah pun disampaikan teman sekolah Neuer yang kini bermain di A League Australia, Alexander Baumjohann.

Saat itu, Neuer dan Baumjohann remaja sama-sama sedang berjuang mendapatkan tempat di klub Jerman, Schalke 04. Akan tetapi, keadaan ternyata kurang memihak Neuer saat itu.

Neuer sempat ditolak menjadi kiper karena postur tubuhnya yang memadai. Sempat kecewa, Neuer ternyata mendapatkan kesempatan kedua. Seorang staf pelatih pun berhasil meyakinkan klub untuk mempertahankannya.

“Dia cukup mungil ketika ia berusia 14 atau 15 tahun. Mereka berniat melepasnya karena dia pendek,” kata Baumjohann, seperti dikutip dari laman resmi A-League.

“Akan tetapi, seorang pelatih Schalke U-17 percaya dengannya dan ingin terus mempertahankannya,” tambah Baumjohann.

Keputusan pelatih tersebut pun berbuah manis. Neuer pun pelan-pelan menjelma menjadi salah satu kiper yang memiliki kemampuan terbaik di generasinya. Jika dahulu ia dianggap cukup pendek, kini ia menjadi memiliki tinggi ideal untuk seorang kiper, yakni 193 cm.

“Tahun itu, dia terus tumbuh dan berhasil mengambil langkah besar. Saya pun tahu bahwa dia akan menjadi salah satu kiper terbaik yang pernah ada,” kenang Baumjohann.

Keduanya pun berpisah jalan untuk menekuni kariernya masing-masing. Baumjohann kini bermain untuk klub Western Sydney Wanderers. Sementara itu, Neuer kini sedang menikmati masa-masa emasnya bersama Bayern Munchen setelah hengkang dari Schalke pada tahun 2011.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%