Liga Spanyol

Stadion Real Madrid Selalu Sepi Penonton, Gara-gara Ronaldo?

Senin, 17 Desember 2018 08:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Cristiano Ronaldo Copyright: © Getty Images
Cristiano Ronaldo

INDOSPORT.COM – Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, dikabarkan menjadi penyebab utama sepinya stadion Santiago Bernabeu yang merupakan markas mantan klubnya, Real Madrid.

Deretan kursi kosong yang terlihat di Bernabeu saat kemenangan Real Madrid 1-0 atas Rayo Vallecano menjadi hal yang cukup biasa di musim ini. Hanya 55.229 penonton yang hadir, mengisi hanya 68 persen dari kapasitas stadion.

Ini berarti laga ketiga sejak Copa del Rey melawan Melilla hanya terdapat 55.243 penonton dan pertandingan Liga Champions melawan CSKA Moscow dihadiri 51.636 fans, disadur dari AS Sports.

Dari 12 pertandingan yang dimainkan di kandang, hanya tujuh laga yang menarik lebih dari 60 ribu penonton dan hanya saat derby melawan Atletico Madrid, dihadiri lebih dari 70 ribu orang.

Ada beberapa alasan mengapa penggemar tidak lagi berbondong-bondong datang ke stadion, dengan rata-rata 5 ribu lebih sedikit untuk pertandingan Liga dan 11 ribu untuk pertandingan Eropa.

Pasalnya, belum ada penandatanganan nama besar untuk menarik minat penonton. Tetapi faktor utamanya adalah kepergian Cristiano Ronaldo pada bursa musim panas ke Juventus, daya tarik utama di Bernabeu selama hampir satu dekade.

Pada laga pembukaan musim 2018/19 kontra Getafe, Bernabeu hanya dihadiri 48.466 penonton, jumlah penonton terendah di stadion itu sejak 24 Mei 2009, tepatnya pertandingan kandang terakhir sebelum Ronaldo bergabung dengan klub.

Selama sembilan musim CR7 dihabiskan di Bernabeu, tidak pernah ada jumlah kehadiran serendah yang terdaftar pada laga pembukaan kampanye 2018/19, hal ini menjadi bukti bahwa pengaruh Ronaldo di lapangan sama berharganya dengan kemampuan Real Madrid dalam urusan kehadiran para penggemar.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Spanyol Lainnya Hanya di INDOSPORT