Bola Internasional

Mengintip Kembali Isi Surat Kaleng Tentang Skandal Final Piala AFF 2010

Jumat, 21 Desember 2018 15:58 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini dunia sepak bola Indonesia dihebohkan, dengan kembali munculnya masalah skandal leg pertama final Piala AFF 2010, antara Malaysia vs Timnas Indonesia.

Kala itu Skuat Garuda takluk dengan skor 3-0 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (26/12/10). Ada dugaan kalau beberapa pemain menerima suap, untuk bekerja sama agar Indonesia kalah.

Selain itu, kekalahan tersebut juga menyisakan sejumlah kejanggalan, salah satunya adalah proses tiga gol ke gawang Markus Horison yang banyak didasari kesalahan pemain Indonesia.

Hal tersebut juga sempat diaminkan oleh mantan manajer Timnas Indonesia saat itu, Andi Darussalam Tabusalla. Ia mengakui, kalau pertandingan tersebut sudah diatur.

"Saya mendapat info menarik soal kebenaran ada match fixing yang melibatkan Timnas Indonesia. Kawan-kawan saya di Malaysia bercerita memang ada permainan pengaturan skor," jelas ADS dalam acara Mata Najwa, Rabu (19/12/18).

"Saya sendiri tidak punya bukti. Tapi secara permainan saya dan kita semua bisa merasakan ada sesuatu yang salah. Dan menurut kawan-kawan saya di Malaysia melibatkan pemain Timnas Indonesia."

"Ambil contoh, gol pertama Malaysia. Seharusnya Maman Abdurrahman bisa mengamankan bola, namun ia cenderung menunggu membiarkan pemain Malaysia mengejar bola dan berujung gol," terangnya.

1.1K