Bola Internasional

Reaksi Media Vietnam soal Match Fixing di Final Piala AFF 2010

Jumat, 21 Desember 2018 11:07 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Bongda.vn
Pemberitaan media Vietnam soal pengaturan skor final Piala AFF 2018. Copyright: © Bongda.vn
Pemberitaan media Vietnam soal pengaturan skor final Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM - Salah satu media sepak bola Vietnam, Bongda.vn, turut memberikan reaksi terkait dugaan pengaturan skor di final Piala AFF 2010. Mereka pun tampak terkejut.

Timnas Indonesia diklaim terlibat pengaturan skor ketika menelan kekalahan telak 0-3 kontra Malaysia pada leg pertama final Piala AFF 2010. Hal itu diungkap sendiri oleh mantan manajer Timnas Indonesia, Andi Darussalam Tabusala (ADS), di acara Mata Najwa, Rabu (19/12/18).

Mengetahui informasi tersebut, Bongda.vn, pada artikel edisi Jumat (21/12/18), menerbitkan artikel dengan judul "Terkejut: Indonesia Mengungkap Pelanggaran Piala AFF 2010".

© Bongda.vn
Pemberitaan media Vietnam soal pengaturan skor final Piala AFF 2018. Copyright: Bongda.vnPemberitaan media Vietnam soal pengaturan skor final Piala AFF 2018.

Dalam artikel tersebut diterangkan pula pengakuan Andi Darussalam yang mengaku kekalahan Indonesia pada leg pertama final Piala AFF 2018 sudah diatur.

"Satu tahun setelah itu, saya bertemu dengan beberapa teman Malaysia yang menolak untuk memberi tahu saya apa yang terjadi, dan hanya terungkap: 'Saudaraku, jika pertandingan itu tidak diatur, kita tidak bisa menang,'" kata Andi Darussalam di laman Bongda.vn.

"Pada menit awal pertama, harusnya Maman Abdurrahman (bek timnas Indonesia di Piala AFF 2010), biarkan itu bola, bola itu akan keluar. Tapi dia biarkan itu, beri kesempatan ke pemain lawan untuk memberikan umpan, di situlah gol pertama."

"Gol kedua demikian juga. Di dua pertahanan yang terbuka itu, itu terjadi gol itu begitu cepat yang dicetak oleh Safee Sali. Impian saya memenangkan Piala AFF telah runtuh seperti itu."

"Sayalah yang tahu segalanya. Mereka yang bisa datang ke hotel malam sebelumnya, saya tahu semuanya. Tapi saya tidak bisa memberitahu Anda. Saya dapat meyakinkan Anda bahwa pertandingan telah diselesaikan. Tidak ada bukti yang jelas, tetapi semua orang tahu itu," tutup mantan kedua Badan Liga Indonesia itu.

Seperti diketahui, Timnas Sepak Bola Indonesia akhirnya gagal menjadi juara Piala AFF 2010. Skuat Garuda kalah agregat 4-2 dari Timnas Malaysia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

226