Liga Indonesia

4 Pemain Muda Berpotensi di Klub yang Terdegradasi

Sabtu, 22 Desember 2018 16:41 WIB
Penulis: Daniel Ramos Putra | Editor: Yohanes Ishak
© Goal
Septian David Maulana saat memperkuat Mitra Kukar. Copyright: © Goal
Septian David Maulana saat memperkuat Mitra Kukar.

INDOSPORT.COM - Liga 1 Indonesia musim 2018 telah berakhir dan klub asal Ibu Kota, Persija Jakarta, yang berhasil keluar sebagai juaranya. Gelar juara ini membuat Persija sukses mengemas gelar juara ke-11 setelah 17 tahun tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut harus rela puasa gelar.

Di balik tim-tim papan atas yang sukses melaju ke kancah sepak bola Asia, ada 3 tim papan bawah yang harus rela terdegradasi dari Liga 1 Indonesia. Mitra Kukar, Sriwijaya FC, dan PSMS Medan harus rela berkompetisi di Liga 2 Indonesia musim depan.

Selain berkompetisi di Liga 2 Indonesia musim depan, ketiga klub tersebut nampaknya akan kehilangan beberapa pemainnya yang memutuskan hengkang ke klub yang masih bertahan di Liga 1 Indonesia. Seperti rumor Alberto Goncalves yang dirumorkan akan pindah ke klub kasta tertinggi di Indonesia.

Selain Beto Goncalves, ketiga klub ini juga memiliki pemain-pemain muda berpotensial yang mempunyai kemampuan untuk berlaga di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Dan berikut INDOSPORT telah merangkum 5 pemain yang memiliki potensi dari klub yang terdegradasi.

1. Septian David Maulana – Mitra Kukar

© INDOSPORT
Septian David Maulana, bintang Timnas Indonesia Copyright: INDOSPORTSeptian David Maulana, bintang Timnas Indonesia

Pemain muda pertama yang memiliki potensi besar dalam tim yang terdegradasi adalah Septian David Maulana. Pemain asal Semarang ini berhasil menjadi bagian penting dalam kesuksesan tim nasional Indonesia berkat potensinya.

Selain memiliki potensi besar karena kerap terpilih dalam bagian skuat timnas, Septian David juga berhasil menunjukan kontribusinya bersama Mitra Kukar dengan mencetak 6 gol dan 3 assist walaupun Mitra Kukar terpaksa harus terdegradasi.

2. Muhammad Lutfhi Kamal – Mitra Kukar

© AFC
Muhammad Luthfi Kamal pencetak satu gol saat melawan Qatar U-19. Copyright: AFCMuhammad Luthfi Kamal pencetak satu gol saat melawan Qatar U-19.

Pemain jebolan sekolah sepak bola Asiop Apacinti ini adalah pemain yang memiliki potensi besar untuk tetap berlaga di kasta tertinggi Liga 1 Indonesia. Walaupun baru mengemas 6 penampilan bersama Mitra Kukar, Lutfhi diprediksi akan menjadi pemain besar di masa mendatang.

Saat ini pemain kelahiran tahun 1990 ini adalah salah satu pemain yang sukses membawa timnas Indonesia u-19 disegani lawan-lawannya di berbagai kompetisi. Dengan potensi yang ia miliki, rasanya sayang jika Lutfhi harus bermain di Liga 2 Indonesia.

236