Liga Inggris

3 Pertandingan Klasik Boxing Day Paling Mengesankan

Rabu, 26 Desember 2018 07:00 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Boxing Day merupakan salah satu momen sepak bola paling mengesankan. Namun, ternyata gelaran tersebut bukan lahir dari olahraga sepak bola, atau pun olahraga tinju.

Istilah Boxing Day pertama kali muncul di Inggris pada abad ke-19. Saat itu, negara dengan julukan “The Three Lions” ini sedang berada di bawah kekuasaan Ratu Victoria.

Tepat satu hari setelah perayaan Natal pada 25 Desember, para buruh dan pelayan di Inggris mendapatkan hari libur dari majikannya. Hal ini merupakan bentuk dari rasa terima kasih para majikan kepada para pelayannya yang telah bekerja keras selama satu tahun terakhir.

Tidak hanya mendapatkan hari libur, para majikan juga memberi pelayannya berbagai hadiah. Hadiah-hadiah tersebut biasa dibungkus dalam sebuah kotak, yang dalam bahasa Inggris disebut boxing. Inilah yang menjadi dasar perayaan tersebut yang kemudian dikenal dengan nama Boxing Day.

Saat ini, Boxing Day telah berubah menjadi salah satu tradisi di sepak bola Inggris. Pertandingan Boxing Day yang semakin berkembang baik, akhirnya menjadi sebuah pertandingan resmi di kompetisi Premier League.

Menilik dari sejarahnya, pertandingan Boxing Day juga sebagai ungkapan terima kasih para klub liga Inggris kepada para penggemar setianya yang selalu mendukung mereka.

60