Liga Indonesia

Dibandingkan Sanksi Exco PSSI, Bambang Suryo Anggap Vonis Seumur Hidup Komdis Tak Adil

Kamis, 27 Desember 2018 17:37 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
bambang suryo Copyright: © INDOSPORT
bambang suryo

INDOSPORT.COM - Bambang Suryo masih tak habis pikir dengan jeratan sanksi Komisi Disiplin PSSI. Setelah mengungkap adanya match fixing, ia diganjar sanksi berbentuk larangan beraktivitas di sepakbola Indonesia seumur hidup dalam ruang lingkup PSSI per 26 Desember kemarin.

Hukuman itu merujuk pada Pasal 72 Kode Disiplin PSSI yang memuat tentang Manipulasi hasil pertandingan secara ilegal, serta Pasal 141 tentang Ruang Lingkup Kode, Kesalahan, Kebiasaan, Doktrin dan Ilmu Hukum. 

Sanksi yang cenderung tendensius, mengingat kasusnya hanya sebagian kecil dari kumpulan kasus match fixing yang ada.

"Bagi mereka mungkin adil. Tapi bagi saya, jelas ini tidak adil. Saya tidak terima dengan sanksi itu," tandas BS, panggilan akrab Bambang Suryo di hadapan jurnalis di Kota Malang, Kamis siang.

Ia pun mengambil contoh sanksi yang diterima Hidayat, dengan kadar kasus yang serupa. Anggota Komite Eksekutif PSSI itu malah hanya dijatuhi larangan beraktivitas di sepakbola nasional dalam ruang lingkup PSSI selama 3 tahun, plus denda Rp 150 juta pada 4 Desember lalu.

Eks pemilik klub Persebo Bondowoso yang dijual menjadi Madura FC itu didakwa atas percobaan suap sebelum laga PSS Sleman kontra Madura FC. Hal itu melanggar Pasal 65 Kode Disiplin PSSI yang berkaitan dengan Perjudian atau Tindakan Curang.

"Sedangkan sanksi saya juga persis seperti itu, yaitu dengan percobaan suap kepada PS Ngada. Disini Komdis saya minta lebih teliti lagi, karena sanksi untuk saya ini sangat janggal," paparnya.

"Bila dibandingkan dengan sanksi Pak Hidayat, jelas tidak adil. Apalagi saya juga bukan bagian anggota PSSI," sambung pria yang juga Manajer Persekam Metro FC yang mengikuti kompetisi Liga 3 Nasional tersebut.

Ia pun menduga bahwa sanksi yang dialaminya ada unsur ketidaksukaan kepada dirinya dari sejumlah figur yang berada di PSSI saat ini.

"Ya, semacam suka dan tidak suka lah. Saya kira faktor itu ada dalam sanksi saya itu," tutupnya.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM

113