Bola Internasional

4 Pelatih yang Tak Pernah Jadi Pemain Sepak Bola Profesional

Selasa, 7 April 2020 08:33 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Ilustrasi Taktik dan Papan Tulis. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi Taktik dan Papan Tulis.

INDOSPORT.COM – Sebagian besar dari penggemar menganggap sepak bola sebagai permainan yang memiliki wawasan dan visi yang luas, dan berharap sebuah tim dilatih oleh orang-orang yang memahami setiap aspek dari permainan.

Memiliki seorang manajer yang dirinya sendiri adalah seorang pemain sepak bola memang tampaknya ideal. Tapi, bagaimana jika sang pelatih bahkan tak pernah memiliki latar belakang sebagai pesepak bola profesional?

Anehnya, ada beberapa manajer hebat yang tidak pernah memainkan pertandingan profesional tunggal dalam karier mereka di dunia sepak bola.

Jika Anda langsung membayangkan ada nama Jose Mourinho, bisa dikatakan Anda salah. Juru taktik asal Portugal ini memang tidak pernah dibahas rekam jejaknya sebagai pemain.

Hal itu terjadi karena ia pernah bermain di klub-klub yang kurang terkenal, namun setidaknya pelatih yang kini melatih Tottenham Hotspur tersebut pernah merasakan menjadi pesepak bola.

Ya, mantan pelatih Chelsea, Real Madrid, dan Inter Milan ini pernah bermain untuk Rio Ave, Belenenses, Sessimbra, dan Comercio, di mana nama-nama klub tersebut berasal dari negara kelahirannya sendiri.

Berikut INDOSPORT telah menyajikan empat manajer top yang tidak pernah bermain sepak bola secara profesional, seperti dikutip dari laman 90min.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%