Liga Indonesia

Hilman Syah: Dari Anak Magang Hingga Jadi Calon Kiper Timnas Indonesia U-22

Minggu, 30 Desember 2018 16:00 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Isman Fadil
© Indosport.com
Kiper PSM Makassar, Hilman Syah. Copyright: © Indosport.com
Kiper PSM Makassar, Hilman Syah.

INDOSPORT.COM - Tiga laga terakhir PSM Makassar pada musim 2018 menjadi sangat mendebarkan. Selain karena sengitnya persaingan dengan Persija Jakarta untuk gelar juara, hadirnya Hilman Syah di bawah mistar gawang Juku Eja kian membuat orang-orang was-was.

Ya, bagaimana tidak, kiper berusa 21 tahun ini merupakan penjaga gawang lapis keempat Pasukan Ramang selama dua musim terakhir. Minim jam terbang dan hanya sering terlihat dalam latihan rutin PSM Makassar di Stadion Mattoanging, menjadi sederet alasan orang-orang meragukan Hilman.

Hilman mendapat kepercayaan sebagai starter saat tiga kiper senior PSM Makassar lainnya diterpa berbagai masalah. Rivky Mokodompit, Imam Arief Fadillah, d6an Syaiful Syamsuddin diragukan tampil dalam tiga laga krusial tersebut.

Singkat cerita, keraguan itu berbalik menjadi pujian setelah, Musthofa Umarella meniup peluit tanda berakhirnya laga PSM Makassar vs Bali United. Dalam laga pekan ke-32 ini, PSM menang empat gol tanpa balas.

Hilman yang turun sejak menit awal tampil impresif dengan berhasil mementahkan sejumlah peluang emas, Ilija Spasojevic dan Melvin Platje. 

Tak sampai disitu, nama Hilman kian melejit ketika pada pertandingan melawan Bhayangkara FC dan PSMS Medan, ia berhasil menyelematkan Pasukan Ramang dari kekalahan.

Kegemilangan Hilman juga berlanjut di ajang Piala Indonesia 2018/19. Ia berhasil membawa PSM Makassar lolos ke babak 32 besar lewat drama adu penalti.

Melihat Hilman yang kini menjadi bintang baru PSM Makassar sejatinya bukan melalui proses yang singkat. Kepada INDOSPORT.com, kiper kelahiran, Jeneponto (Sulawesi Selatan) 24 April 1997 ini bercerita banyak soal perjalanan kariernya yang nyaris dua tahun duduk di bangku cadangan. Berikut petikan wawancara dengan Hilman Syah, Sabtu (29/12/18).

322