Liga Indonesia

Asisten Pelatih Bongkar Kelemahan Serius Pemain Timnas U-22

Selasa, 22 Januari 2019 13:36 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Latihan Timnas U-22 Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Latihan Timnas U-22

INDOSPORT.COM Timnas Indonesia U-22 telah dua hari ditinggal pelatih Indra Sjafri yang tengah mengikuti program lisensi AFC Pro (modul kelima) di Spanyol. Karenanya, latihan lantas dipimpin oleh asisten pelatih, Nova Arianto, seperti yang terlihat Selasa (22/01/19) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

"Hari ini kami fokus kepada tiga momen sepak bola, di situ ada attacking, defense, dan transisi baik dari bertahan atau menyerang."

"Perkembangan anak-anak juga sudah cukup baik, coach Indra juga telepon, dia minta minta kami konsenterasi di masalah possession ball-nya. Kita benahi soal passing-nya, dan first touch para pemain," jelas Nova soal fokus latihan hari ini.

Lebih lanjut, Nova membeberkan masih ada satu masalah yang harus dibenahi yakni menyoal transisi bermain dan fokus pemain dalam permainan. Rupanya hal itu, sudah lama menjadi masalah kecil yang luput dari perhatian pemain, tidak hanya di Timnas U-22 tapi juga tim senior.

"Itu (transisi) jadi masalah terbesar saya bilang, tidak hanya di Timnas U-22 saja, tetapi hampir merata di setiap klub di Indonesia. Saya lihat transisi dari menyerang ke bertahan itu yang harus kita perbaiki," katanya.

"Dari pengalaman saya, kita hanya fokus kepada bola saja, kita harusnya bisa menjaga pemain. Apa yang pernah saya lakukan sebelumnya semoga bisa terapkan kepada para pemain."

"Biasanya pemain hanya fokus kepada bola, tetapi dia tidak memerhatikan pergerakan pemain yang tanpa bola. Itu yang masih kurang di pemain belakang kita sekarang," lanjutnya.

Kendati demikian, Nova berharap hal itu bisa diatasi menjelang keikutsertaan di Piala AFF U-22 yang berlangsung Februari mendatang di Kamboja. Masih ada waktu sekitar dua minggu bagi Timnas Sepak Bola U-22 guna memperbaiki dalam pemusatan latihan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-22 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT