Bola Internasional

Berkedok Aksi Amal, Eks Striker Timnas Nigeria Gelapkan Dana Yayasan

Selasa, 22 Januari 2019 10:20 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Efe Sodje, pesepak bola Nigeria. Copyright: © Getty Images
Efe Sodje, pesepak bola Nigeria.

INDOSPORT.COM - Kepolisian Inggris dikabarkan menangkap sejumlah orang terkait tuduhan penggelapan dana amal. Salah satu yang diduga sebagai pelaku merupakan mantan pesepak bola yang sempat merintis karier di Inggris.

Berdasarkan laporan dari Telegraph (21/01/19), Efe Sodje bersama 2 saudara lelakinya harus mendekam di penjara akibat ulahnya. Sodje yang merupakan pensiunan pesepak bola dituduh menggelapkan dana dari yayasan yang dibangunnya sendiri.

Pria berusia 46 tahun ini diketahui menggelapkan dana amal dari Sodje Sports Foundation (SSF) sejak tahun 2011. Sodje dikabarkan sempat menggelapkan uang sebesar 11.500 pounds atau setara dengan Rp211 juta.

Uang tersebut merupakan hasil dari penggalangan dana yang bekerja sama dengan salah satu rumah sakit kanker di Inggris. Parahnya, tidak ada sepeser pun hasil dari kegiatan amal tersebut yang masuk ke rekening rumah sakit.

Kejadian ini merupakan satu dari sekian banyak kegiatan amal yang dilakukan mantan pemain Timnas Nigeria tersebut bersama SSF. Sejumlah partisipan yang terlibat terpedaya dengan tujuan dari yayasan tersebut yang bertujuan untuk membantu sejumlah anak-anak dari negara miskin di Afrika.

Selain kasus penggelapan, Sodje bersaudara juga dituduh melakukan pencucian uang dari yayasan ini. Sebelumnya, ayah dari ketiga bersaudara ini juga sudah dipenjara selama 18 bulan akibat terbukti melakukan hal yang sama di yayasan tersebut.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%