Bola Internasional

Ini Alasan Utama Bos AFC Tubize Berani Rekrut Bek Timnas U-22

Senin, 28 Januari 2019 21:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fox Sports
Firza Andika ketika trial di AFC Tubize. Copyright: © Fox Sports
Firza Andika ketika trial di AFC Tubize.

INDOSPORT.COM - Klub kasta kedua Liga Belgia, AFC Tubize baru saja merampungkan transfer pemain baru, dengan merekrut bek Timnas Indonesia U-22, Firza Andika. Firza menandatangani kontrak selama dua tahun, disaksikan CEO AFC Tubize, Shim Chan Koo, di Jakarta, Jumat (25/01/19) lalu.

Menurut Shim Chan Koo, perekrutan Firza merupakan salah satu cara untuk membantu pemain muda Indonesia lebih berkembang dan meningkatkan level permainannya dengan bersaing di Eropa.

Bos AFC Tubize itu berharap, sepak bola Asia, terutama Indonesia bisa setera dengan negara lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, China, dan lainnya.

"Ini pemain muda, jadi kita akan memberikan pengalaman buat pemain Indonesia. Ini sangat bagus dengan bermain di Eropa, pemain muda bagus untuk mensupport klub saya, dan salah satu bagaimana kita berkolaborasi untuk memajukan industri sepak bola seperti yang kami lakukan di Korea," ucapnya.

"Ini salah satu langkah selanjutnya, jadi saya berharap berjalan bagus untuk membawa sepak bola Indonesia ke level yang lebih tinggi," lanjut Shim.

Setelah menjalani trial selama dua minggu di Belgia akhir tahun lalu, Firza dinilai cocok dengan kriteria pemain yang dibutuhkan AFC Tubize. Shim Chan Koo mengatakan Firza adalah tipe pemain yang memiliki tekad kuat, punya potensi bagus dalam skill dan punya keistimewaan dalam pengetahuan.

"Firza masuk ke tim saya setelah dilihat di latihan (oleh tim pelatih). Dia memiliki intelegensi yang bagus, teknik yang potensial sehingga dia punya kesempatan bisa main di tim utama," beber Shim.

"Kami lihat imagenya juga bagus, tapi fisiknya harus ditingkatkan. Tetapi dia masih muda dan bagus, memiliki mental yang kuat dan bisa bersaing di Eropa. Jadi dia harus menyesuaikan diri soal makanan, komunikasi atau bahasa dan cuaca, dan kami percaya ini sesuatu yang bisa diaptasi sama dia," lanjutnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM