Liga Indonesia

Tiga Pesepakbola dari Negara 'Baru' yang Bakal Hiasi Liga 1 2019

Selasa, 5 Februari 2019 18:30 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© twitter @persebayaupdate
Amido Balde Copyright: © twitter @persebayaupdate
Amido Balde

INDOSPORT.COM - Liga terbesar di Indonesia, Liga 1 kembali akan segera dimulai pada bulan Mei 2019. Dari hasil musim kompetisi lalu, PSS, Semen Padang, dan Kalteng Putra naik tingkat ke Liga 1 dan bergabung sebagai tim promosi dari Liga 2 2018. Sedangkan Mitra Kukar, Sriwijaya, dan PSMS harus ikhlas untuk terdegradasi ke Liga 2 2019. Dan klub Persija Jakarta keluar sebagai pemenang.

Untuk memperkuat tim, beberapa klub pun sudah mulai menyusun strategi dengan menyusun skuat pemain dan mengisinya dengan beberapa pemain berkualitas. Termasuk dengan cara memanggil para pemain asing untuk datang ke Indonesia.

Ada hal menarik yang dapat disoroti pada musim kali ini. Terdapat tiga pemain dari negara yang baru pertama kalinya ikut berkompetisi dalam turnamen sepak bola tingkat tertinggi di Indonesia ini,

Maka dari itu, berikut INDOSPORT ulas tiga wakil negara baru yang akan menghiasi pertarungan sengit di Liga 1 2019.

1. Amido Balde (Guinea Bissaun)

Untuk pertama kalinya, pemain dari Guinea Bissaun, negara bagian Afrika Barat bermain di Liga 1 yakni Amido Balde. Lelaki kelahiran Portugal ini juga tercatat sebagai bagian dari Timnas di negaranya.

Sebelum bermain di Indonesia, Balde mempunyai pengalaman pernah bermain di Liga Skotlandia. Nantinya, pemilik tinggi 193 cm ini akan bermain di Liga 1 bergabung dengan Persebaya Surabaya sebagai penyerang tengah dengan status pinjaman dan kontrak selama 1 tahun.

Pengalaman lapangan Balde sudah terhitung cukup sebagai pemain professional. Tercatat, ia pernah bergabung dengan klub Celtic F.C, F.C Metz, Benfica Luanda, dan Maritimo.

Di level Internasional, Balde pernah mewakili Portugal di tim U-20 untuk Piala Dunia 2011. Setelah itu, lelaki kelahiran 16 Mei 1991 itu memutuskan untuk menjadi pemain bagi negara asalnya, Timnas Guinea Bissau.