Bola Internasional

Deretan Fakta McDonald Jones Stadium, Kandang Newcastle Jets

Rabu, 6 Februari 2019 17:44 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© citigatemotel
Hunter Stadium Copyright: © citigatemotel
Hunter Stadium

INDOSPORT.COM - McDonald Jones Stadium atau Newscastle International Sports Centre' merupakan markas dari klub sepak bola Newcastle United Jets FC, klub asal Newcastle, New South Wales, Australia. Selain itu McDonald Jones Stadium juga menjadi rumah bagi klub rugby setempat, yaitu Newcastle Knights.

Stadion ini resmi dibuka oleh Ratu Elizabeth II pada 10 April 1970. McDonald Jones Stadium memiliki kapasitas penonton sebanyak 33.000 orang dengan 23.000 tempat duduk.

Salah satu fakta menarik dari stadion ini adalah beberapa kali mengalami pergantian nama. Di tahun 1992, stadion ini bernama  Marathon Stadium karena terdapat toko penjualan ban yang bernama Marathon Tyres mensponsori stadion ini.

Pada 2001 nama Marathon Stadium berubah menjadi EnergyAustralia Stadium karena hak penamaan diambil alih oleh salah satu perusahaan energy Australia, dan berganti lagi menjadi Ausgrid Stadium pada tahun 2011.

Fakta lainnya, stadion yang terletak di New Lambton, Newcastle, New South Wales, ini pernah mendapatkan banyak penghargaan industri bangunan dan konstruksi, di antaranya 2012 Teknik Excellence Awards untuk arsitek Aurecon pada tahun 2011. Penghargaan itu diberikan lantaran fasilitas yang dimiliki stadion ini sangat baik.

Hunter Stadium juga menjadi tuan rumah beberapa acara internasional dalam beberapa tahun terakhir termasuk pertandingan pameran antara Jets Newcastle dan LA Galaxy David Beckham, acara Nitro Circus, pertandingan uji coba liga rugby dan Upacara Pembukaan Olimpiade Khusus 2013.

Pada 2017, venue ini menjadi tuan rumah pertandingan NRL's All Stars di samping pertandingan Westfield Matildas versus Brasil yang dimainkan di depan orang banyak untuk pertandingan Matildas mandiri di Australia.

Penulis: Chairun Nissa

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM