Bola Internasional

Tahan Pesepak Bola Bahrain, Thailand Akui Disuruh Polisi Australia

Rabu, 6 Februari 2019 20:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Crikey
Hakeem al-Araibi. Copyright: © Crikey
Hakeem al-Araibi.

INDOSPORT.COM – Pemerintah Thailand dikecam lantaran menahan pemain sepak bola asal Bahrain, Hakeem Al-Araibi di Bangkok. Namun, fakta terbaru mengungkapkan bahwa penangkapan itu justru atas permintaan Polisi Federal Australia.

Gelandang klub Pascoe Vale FC di Melbourne ini berstatus pengungsi dan mendapatkan izin tinggal permanen di Australia. Ia meninggalkan negaranya, Bahrain, pada 2014 karena tak tahan dengan siksaan di penjara yang dialami pada tahun 2012.

Sosok Al-Araibi menjadi sorotan ketika ia ditangkap akhir bulan lalu di Bangkok, saat berbulan madu bersama istrinya. Disinyalir, penangkapan ini atas desakan pemerintah Bahrain kepada pihak keamanan Thailand yang meminta ekstradisi.

Dilansir dari laman ftbl.com, Kementerian Luar Negeri Thailand mencoba meluruskan informasi tersebut. Mereka menahan Al-Araibi setelah menerima Kode Merah Interpol dari Polisi Federal Australia, sebelum akhirnya Bahrain mengajukan ekstradisi.

“Thailand sebelumnya tidak mengetahui kasus Hakeem dan tidak memiliki prasangka terhadapnya,” kata pemerintah Thailand dalam pernyataannya.

“Memang, kami tidak akan terlibat dalam masalah ini jika kami tidak menerima pemberitahuan kode merah dari Interpol Australia dan permintaah resmi selanjutnya dari Bahrain untuk penangkapan dan ekstradisi,” lanjut mereka.

“Butuh beberapa hari setelah kedatangan Hakeem, sebelum pihak berwenang Autralia memberi tahu kami bahwa kode merah telah dibatalkan.”

“Pada saat itu, proses hukum di Thailand terkait kasus Hakeem sudah dimulai dan tidak bisa dibatalkan.”

Sejumlah pemrotes di Thailand sendiri telah mendesak politisi di negaranya untuk membantu mengatasi masalah ini. Mereka juga menuntut para politisi untuk mengesampingkan pengadilan di bawah konstitusi dan pemisahan kekuasaan mereka.

“Kami percaya kami memiliki hak yang sah untuk mendesak Australia dan Bahrain untuk berbicara satu sama lain dan menemukan solusi yang disepakati bersama.”

“Apapun solusinya, Thailand siap mendukungnya untuk mencapai hasil yang memuaskan semua pihak.”

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT