Liga Indonesia

Persija di Liga Champions Asia: Kekalahan Pahit 2002 itu Telah Terbalaskan

Sabtu, 9 Februari 2019 15:35 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta bakal menghadapi Newcastle Jets dalam laga lanjutan kualifikasi Liga Champions Asia pada 12 Februari 2019 mendatang. Sebelum melangkah jauh ke laga itu, mungkin ada baiknya bila kita terlebih dulu menengok kiprah Persija di sepanjang sejarah gelaran Liga Champions Asia.

Ya, Persija pada tahun 2019 berhak mewakili Indonesia dalam gelaran Liga Champions Asia. Hak tersebut diperoleh berkat keberhasilan Persija merengkuh trofi juara Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) musim lalu.

Keikutsertaan Persija tahun ini ternyata merupakan yang kedua kalinya dalam sepanjang sejarah gelaran Liga Champions Asia. Sebelumnya, Persija juga pernah mendapatkan hak serupa pada 2002 silam.

Kasusnya pun tak jauh beda dengan yang terjadi saat ini. Kala itu, Persija yang berhasil menjuarai Liga Indonesia 2001, berhak ikut serta dalam Liga Champions Asia pada musim setelahnya.

Lalu, bagaimana kiprah Persija dalam keikutsertaan yang pertamanya itu? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT mencoba mengulasnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.