Liga Champions

Sambut Ajax Amsterdam, Real Madrid Perketat Keamanan

Selasa, 5 Maret 2019 16:23 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© IDOSPORT
Ajax Amsterdan vs Real Madrid. Copyright: © IDOSPORT
Ajax Amsterdan vs Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Jelang laga sepak bola Real Madrid vs Ajax Amsterdam pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/19, Rabu (06/03/19) dini hari WIB di Santiago Bernabeu, pihak Los Blancos perketat keamanan.

Peningkatan keamanan yang dilakukan Real Madrid ini disebabkan karena kabar kedatangan 4.000 lebih ultras yang mendukung Ajax ke ibukota Spanyol ini.

Keamanan Santiago Bernabeu diperketak karena El Real menyadari suporter sepak bola  yang datang langsung dari negeri kincir angin tersebut sangat fanatik dan berbahaya.

Ultras yang menamai dirinya ultra F-Side itu sebelumnya juga membuat pemain khawatir karena di leg pertama Liga Champions 2018/19 yang digelar di Amsterdam Arena, mereka menyalakan petasan di hotel tempat skuat asuhan Santiago Solari menginap.

Disadur dari laman berita olahraga Marca, Real Madrid akan mengerahkan sekitar 2.000 petugas untuk menjaga ketertiban saat laga berlangsung.

Selain itu, akan ada 500 petugas polisi, 90 petugas pertandingan, 1.270 petugas kemanan swasta, 45 anggota sistem darurat Real Madrid (SAMUR), dan 60 anggota medis dikerahkan untuk membantu laga berjalan kondusif.

Keamanan polisi sendiri nantinya akan difokuskan untuk berjaga di sekitar Avenida de Brasil yang memiliki jarak 300 meter dari Santiago Bernabeu. Hadirnya polisi ini dimaksudkan untuk mencegah kerusuhan yang akan terjadi.

Sementara itu, sudah diketahui bahwa ultras Ajax ini memiliki reputasi yang buruk. Pasalnya mereka sering terlibat kerusuhan.

Bahkan saat ini saja, Ajax sejatinya masih mendapatkan larangan bermain tanpa suporter dari UEFA. Namun, pihak klub  sepak bola juga tak mampu berbuat banyak untuk membendung fanatisme dari suporternya.

Sanksi yang didapat Ajax bertanding tanpa suporter ini karena ulah siporternya saat mereka bermain melawan AEK Athens di babak grup Liga Champions 2018/19.

Ultras Ajax diketahui terlibat tawuran baik di dalam maupun di luar stadion dan melemparkan beberapa benda termasuk flare dalam insiden tersebut.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Liga Champions Lainnya di INDOSPORT.COM