Liga Indonesia

Demi Fair Play, Pelatih Persela Beri Saran Panitia Piala Presiden 2019 Ubah Aturan

Selasa, 12 Maret 2019 20:18 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso.

INDOSPORT.COM - Penetapan jadwal pertandingan pada sebuah turnamen sepak bola, biasanya memang akam berbeda di laga pamungkasnya.

Demi asas fair play, umumnya jadwal di laga  sepak bolaterakhir akan digelar serentak guna menentukan peluang masing-masing tim untuk lolos ke babak berikutnya.

Namun, penetapan jadwal seperti itu tidak berlaku di Piala Presiden 2019. Sedari awal penetapan jadwal, laga ketiga di masing-masing grup tetap berlangsung secara bergantian dan tidak bersamaan, terlepas apa pun situasinya.

"Saya tidak keberatan soal itu. Bagaimana pun, saya fokus saja untuk pertandingan tim sendiri," papar pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso pada awak media berita sport.

Tapi menurutnya, sejak awal seharusnya panitia pelaksana turnamen sejak tahun 2015 lalu itu harus memperhitungkan asas fair play. Terlebih, tingkat persaingan antar tim selalu ketat untuk saling berebut menuju babak 8 besar.

"Ya memang, akan lebih fair kalau pertandingan sepak bola terakhir digelar secara bersamaan. Tidak ada tim yang menunggu hasil pertandingan lainnya," jelasnya.

Pada situasi terkini, Persela memang berada di atas angin untuk setidaknya mengamankan statusnya sebagai pemuncak klasemen Grup E. Koleksi 6 angka tinggal mereka lengkapi minimal satu poin lagi, sehingga tidak bisa dikejar oleh Arema FC maupun Barito Putera.

"Grup ini juga punya dua lapangan yang sama bagusnya untuk pertandingan serentak. Ada stadion (Gajayana) di Kota Malang dan satunya (Kanjuruhan) di Kepanjen," ungkap Aji.

Di laga pamungkas Grup E, dua laga akan tersaji secara bergantian di Stadion Kanjuruhan. Pada jam kick-off pertama, Persela akan saling jegal dengan Barito Putera, dilanjutkan Arema FC melawan Persita Tangerang pada Rabu (12/03/19) besok.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%