In-depth

Tampil Sederhana ala Kantor PSSI yang 'Nomaden' dan Pernah Digeledah

Minggu, 24 Maret 2019 16:20 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Kantor PSSI yang lama di GBK. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Kantor PSSI yang lama di GBK.

INDOSPORT.COM - INDOSPORT berkesempatan meliput langsung perhelatan Kualifikasi Piala Asia 2020. Bukan cuma melakukan reportase perjuangan Indonesia U-23 di ajang ini, INDOSPORT juga berupaya mendalami perkembangan sepak bola Vietnam.

Salah satu upaya untuk mengenal perkembangan sepak bola Vietnam adalah dengan menyambangi markas federasi sepak bola mereka, VFF.

Membandingkan fasilitas apa yang berbeda antara VFF dengan PSSI dapat menjadi bahan studi banding untuk kemajuan sepak bola Indonesia. Bagaimana VFF bisa membuat perkembangan sepak bola Vietnam semaju saat ini.

Ternyata, setelah diobservasi, terdapat perbedaan yang ada cukup mencolok. 

Saat tiba di markas VFF, terlihat Vietnam memiliki bangunan yang cukup megah. Bangunan pun permanen dan berlantai tiga.  

Tak hanya itu, berbagai ruang kerja lengkap berada di dalamnya. Poster penggawa timnas Vietnam saat menjadi juara Piala AFF 2018 pun terpampang jelas di salah satu sudut tembok ruangan. Dan yang patut digarisbawahi, ini adalah bangunan tetap dan milik dari VFF. 

Bahkan di dalam komplek kantor, mereka memiliki sarana Gym lengkap, dua lapangan latihan, kolam renang, lapangan tenis dan mess pemain.  

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Terdapat tempat gym di kantor federasi Vietnam Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTTerdapat tempat gym di kantor federasi Vietnam
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Tampak luar kantor federasi Vietnam Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTTampak luar kantor federasi Vietnam

Fakta ini tentunya menimbulkan keprihatinan bila dibandingkan dengan kondisi kantor induk federasi sepak bola Indonesia, PSSI.