In-depth

Perjalanan Panjang Timnas Indonesia untuk Lolos ke Piala Dunia 2022

Kamis, 28 Maret 2019 07:15 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© PSSI/fifa.com
Perjalanan panjang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2022 di Qatar Copyright: © PSSI/fifa.com
Perjalanan panjang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2022 di Qatar

INDOSPORT.COM - Meski mendapat keuntungan, perjalanan panjang dan terjal harus dilalui oleh Timnas Indonesia sebelum benar-benar main di Piala Dunia 2022 mendatang.

Ya, Timnas Indonesia memang mendapat semacam keuntungan dalam perjalanan mereka ke Piala Dunia 2022. Skuat Garuda tidak perlu memulai ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 dari putaran pertama.

Hal ini dikarenakan ranking FIFA Timnas Indonesia yang saat ini berada di urutan ke-159. Ranking FIFA ini membuat Timnas Indonesia berada di peringkat ke-32 se-Asia.

Dari daftar 46 tim nasional se-Asia, Timnas Indonesia yang ada di urutan ke-32 menjadi salah satu dari 34 negara teratas yang langsung ikut ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sementara 12 tim sisanya, akan memulai Kualifikasi Piala Dunia 2022 dari putaran pertama. Ada nama-nama seperti negara tetangga kita, yakni Malaysia, Kamboja bahkan Laos dan Brunei Darussalam.

Meski diuntungkan karena langsung ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, ternyata Timnas Indonesia tidak bisa langsung berpuas diri.

Ada perjalanan yang masih panjang dan terjal untuk dilalui oleh Timnas Indonesia dan coach Simon McMenemy. Melihat satu per satu dari 34 negara peringkat teratas di Asia.

Berikut INDOSPORT berikan ulasan tentang perjalanan Timnas Indonesia yang mungkin akan dilalui oleh Timnas Indonesia senior. Semoga saja bisa.

Pembagian Pot dan Jalan Terjal Timnas Indonesia

© PSSI
Evan Dimas berusaha menghentikan lawan ketika Timnas Myanmar vs Timnas Indonesia di laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19). Copyright: PSSIEvan Dimas berusaha menghentikan lawan ketika Timnas Myanmar vs Timnas Indonesia di laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Timnas Indonesia akan lolos otomatis ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022. Putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini akan diikuti sebanyak 40 tim, 34 negara peringkat teratas ditambah enam tim pemenang dari putaran pertama akan saling sikut di babak ini.

Masih dari daftar yang dirilis oleh akun Twitter yang membahas ranking FIFA, Footy Rankings, Timnas Indonesia memiliki jalan terjal dan sangat panjang untuk dilalui sebelum benar-benar lolos ke Piala Dunia 2022.

Akan ada lima pot yang diisi oleh 40 negara di putaran kedua dan akan dipecah menjadi 8 grup yang otomatis di dalamnya ada sebanyak lima tim nasional.

Dilansir dari @FootyRankings, berikut perkiraan pembagian pot untuk putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang.

  • Pot 1: Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, Uni Emirate Arab
  • Pot 2: Suriah, Uzbekistan, Lebanon, Oman
  • Pot 3: Bahrain, Thailand, Tajikistan, Korea Utara, Filipina, Taiwan
  • Pot 4: Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Maldives
  • Pot 1 atau 2: Arab Saudi, China, Iraq
  • Pot 2 atau 3: Kyrgyzstan, Jordania, Vietnam, Palestina, India
  • Pot 4 atau 5: Kuwait, Timnas Indonesia, Singapura, Nepal

Itulah pembagian pot yang kira-kira akan terjadi dan mari kita bahas lebih lanjut perjalanan panjang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Perjalanan Panjang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2022

© GRM Dailly
Piala Dunia 2022. Copyright: GRM DaillyPiala Dunia 2022.

Lolos otomatis ke putaran kedua karena ranking FIFA, Timnas Indonesia yang  berada di pot ke-4 atau ke-5 ternyata kurang diuntungkan. Ya, dengan pembagian menjadi delapan grup dan masing-masing grup berisi lima negara, Timnas Indonesia akan menjadi tim yang sama sekali tak diunggulkan.

Berada di pot paling terakhir tentu saja tidak menguntungkan. Itu berarti lawan-lawan Timnas Indonesia di babak grup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, punya level di atas kita.

Minimal satu tim dari masing-masing pot akan menjadi lawan Timnas Indonesia di putaran kedua nanti. Dari pot satu saja, bisa dilihat sendiri, ada negara-negara unggulan di sepak bola Asia.

Sementara itu, pot kedua juga diisi oleh negara-negara Asia Timur dan Tengah, ditambah Vietnam, kuda hitam dari Asia Tenggara. Pot ketiga, ada Bahrain, lalu negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Filipina, dan juga ada Korea Utara yang mulai bangkit sepak bolanya.

Seperti yang tertuang dalam prosedur resmi rilisan FIFA, dari putaran kedua ini, yang lolos ke putaran ketiga adalah 8 juara grup ditambah empat runner-up terbaik, total ada 12 negara.

© INDOSPORT
NGolo Kante bersama trofi Piala Dunia 2018. Copyright: INDOSPORTN'Golo Kante bersama trofi Piala Dunia 2018.

Jika lolos, perjalanan Timnas Indonesia ternyata masih jauh dari kata selesai. 12 negara dari putaran kedua, dipecah lagi menjadi dua grup di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Di sini lebih berat.

Di putaran ketiga ini, hanya dua negara di peringkat teratas dari masing-masing grup akan bisa lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022. 

Sementara peringkat ketiga dari kedua grup, masih harus ditentukan lewat putaran keempat. Keduanya akan saling berhadapan dan pemenangnya ternyata belum tentu ke Piala Dunia 2022.

Pemenang dari duel peringkat ketiga masing-masing grup putaran ketiga masih harus mengadu nasibnya di babak play-off Inter-Konferederasi. 

Seperti pada Piala Dunia 2018 lalu, Australia harus berhadapan dengan peringkat keempat Kualifikasi Piala Dunia zona CONCACAF, Honduras sebelum memastikan tiket ke putaran final di Rusia.

Ya, seperti itu kira-kira perjalanan panjang nan terjal yang harus dilalui oleh Timnas Indonesia, meski diuntungkan dengan lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022. Semoga bisa, semangat Garuda!

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia dan Piala Dunia 2022 di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
6%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
35%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
6%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
24%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
6%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
6%
IDS Emoticon Marah
Marah
18%