Bola Internasional

Prestasi Merosot, FAM Terapkan Program Naturalisasi untuk Timnas Malaysia

Minggu, 31 Maret 2019 09:52 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Malaysia jadi negara Asia Tenggara selanjutnya, yang akan menerapkan program naturalisasi pemain sepak bola untuk kepentingan tim nasionalnya pada tahun 2019 ini.

Kepastian tersebut disampaikan oleh federasi sepak bola Malaysia, FAM dalam rapat anggota eksekutif pada Sabtu (30/03/19) kemarin, dan telah disetujui oleh Presiden FA, Datuk Hamidin Amin.

Dalam mekanismenya, FAM akan menerapkan tiga kategori untuk program naturalisasi ini yaitu jangka pendek, menengah, dan panjang.

Untuk jangka pendek, mereka akan melibatkan para pemain yang memiliki keturunan darah Malaysia yang berasal dari anggota keluarga mereka entah orang tua, kakek atau nenek yang lahir di Negeri Jiran.

"Jangka menengah, itu akan melibatkan pemain asing berusia 18 tahun ke atas yang telah bermain di Liga Malaysia selama satu atau dua tahun dan telah menetap di Malaysia selama minimal lima tahun," demikian bunyi rilis FAM.

"Sementara untuk jangka panjang akan melibatkan pemain asing di bawah 18 tahun, dan akan memperhitungkan jumlah pemain, usia, negara asal mereka serta hal-hal terkait lainnya yang akan diusulkan oleh komite teknis yang akan dibentuk."

Program naturalisasi ini diterapkan juga tidak lepas dari menurunnya prestasi Timnas Malaysia, dalam beberapa tahun terakhir. 

Di level ASEAN saja, mereka kesulitan bersaing untuk meraih gelar juara Piala AFF yang terakhir kali dimenangkan pada tahun 2010 lalu. 

Selain itu, ranking FIFA mereka juga merosot hingga saat ini di posisi ke-167 dunia. Hal itu membuat Malaysia harus menjalani putaran pertama untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022, bersama 11 tim terbawah ranking FIFA zona Asia lainya.

166