Liga Italia

Max Allegri Samakan Dirinya dengan Sir Alex Ferguson

Jumat, 5 April 2019 21:49 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Massimiliano Allegri menyatakan dirinya akan menjadi Sir Alex Ferguson versi Italia. Itu berarti, ia akan mengabdi di Juventus dalam waktu yang cukup lama. 

Selain Arsene Wenger, Alexander Chapman Ferguson atau yang dikenal dengan Sir Alex Ferguson merupakan pelatih loyal di klub Liga Primer Inggris. Pria berkebangsaan Skotlandia tersebut menjadi juru taktik klub sepak bola Manchester United pada periode 1986-2013. 

Selama 26 tahun berkarya di Old Trafford, Ferguson telah membawa Setan Merah memenangi 38 trofi, termasuk 13 Liga Primer Inggris, 5 Piala FA, dan dua gelar Liga Champions. Berkat jasanya, ia juga dianugerahi gelar bangsawan dalam perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth ke-73 pada 1999. 

Sepak terjang Sir Alex Ferguson di Manchester United rupanya menjadi inspirasi tersendiri bagi Max Allegri. Dikutip dari laman berita olahraga, Football Italia, pelatih berusia 51 tahun tersebut mengaku ingin meneladani Ferguson dalam karier kepelatihannya. 

"Selalu ada pihak yang membuat sepak bola terasa sangat rumit. Namun, bagi saya hal rumit itu adalah soal kesederhanaan serta kesetiaan," ujar Allegri dalam peluncuran buku barunya yang berjudul, 'It's Very Simple'.

"Ketika menandatangani kontrak sebagai pelatih, setiap orang tentu harus siap memberi hasil yang baik bagi tim karena itu akan memengaruhi kondisi finansial klub. Di sini, saya ingin meneladani Sir Alex Ferguson, yang berarti saya akan bertahan di Juve, memenangkan berbagai kompetisi tanpa terlalu banyak berpuas diri," lanjutnya. 

Perlu Sobat INDOSPORT ingat, Allegri menjadi juru taktik Bianconeri sejak 2014, menggantikan Antonio Conte. Sebelumnya, mantan pemain Napoli itu sempat menukangi beberapa klub besar, seperti Sassuolo dan AC Milan. 

Lima tahun mengabdi di Turin, Allegri membawa skuat asuhannya memenangi gelar scudetto sebanyak 4 kali beruntun (musim 2014/15, 2015/16, 2016/17, 2017/18). Pada tahun 2015, Allegri juga sempat masuk ke dalam daftar 10 Pelatih Terbaik Dunia versi FIFA. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Italia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT