Liga Indonesia

3 Klub yang Tidak Gunakan Pemain Asing Asal Brasil di Liga 1 2019

Rabu, 10 April 2019 17:11 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT.COM
Ilustrasi legiun asing Liga 1 2019 banyak diisi pemain asal Brasil. Copyright: © INDOSPORT.COM
Ilustrasi legiun asing Liga 1 2019 banyak diisi pemain asal Brasil.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola nasional Liga 1 2019 ternyata membuat 3 klub ada yang tak menggunakan jasa pemain asing asal Amerika Latin, yakni Brasil.

Liga 1 2019 akan dihelat pada 8 Mei mendatang dan hingga saat ini masih berlangsung periode bursa transfer untuk merekrut pemain incaran.

Termasuk legiun asing yang telah dibatasi oleh operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB), yaitu empat pemain (tiga non-Asia dan satu Asia).

Sejauh ini ada 15 klub yang memiliki legiun asing dari Brasil untuk menyambut Liga 1 2019. Sisanya malah tak memakainya sama sekali atau mungkin belum mengontraknya.

Tentu menjadi hal yang berbeda dari kebanyakan klub Liga 1 2019 yang mencatut satu hingga tiga pemain asing dari Brasil untuk dipakai jasanya.

Berikut deretan klub Liga 1 2019 yang tak memakai legiun asing dari Negeri Samba. Siapa saja kira-kira, ya?

1. Persib Bandung

© INDOSPORT
Ezechiel N Douassel (kiri), Srdan Lopicic (tengah), dan Bojan Malisic kanan). Copyright: INDOSPORTEzechiel N Douassel (kiri), Srdan Lopicic (tengah), dan Bojan Malisic kanan).

Klub Liga 1 2019 pertama adalah Persib Bandung yang saat ini tak memakai jasa pemain asing dari Brasil. Total Persib telah mengontrak empat pemain asing non-Asia.

Pemain-pemain tersebut adalah Ezechiel N'Douassel (Chad), Srdan Lopicic (Montenegro), Bojan Malisic (Serbia), dan Fabiano Beltrame (Brasil).

Untuk Fabiano saat ini dirinya tengah mengurus proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kabarnya dalam waktu dekat Fabiano akan dimintai sumpahnya.

Persib tak memakai jasa pemain Brasil sejak Liga 1 2017 bergulir. Bahkan pada Liga 1 2018 juga, Persib tak menyewa legiun asal Brasil.

2. PSM Makassar

© Media PSM Makassar
Wiljan Pluim dan kawan-kawan sedang melakukan latihan di Pantai Kuta, Bali Copyright: Media PSM MakassarWiljan Pluim dan kawan-kawan sedang melakukan latihan di Pantai Kuta, Bali

Kemudian ada PSM Makassar yang dikompetisi Liga 1 2019 juga tak mengontrak pemain asing dari Brasil. Bahkan PSM Makassar pada musim ini beraroma Eropa.

Dimana Juku Eja memiliki Eero Markkanen (Finlandia), Marc Klok (Belanda), Wiljan Pluim (Belanda), dan Aaron Evans (Australia) untuk berlaga di Liga 1 2019.

Kendati demikian, untuK Marc Klok saat ini sedang mengurus proses naturalisasi. Dalam waktu dekat dirinya juga bakal menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI).

Hal serupa Persib juga dilakukan PSM Makassar, di mana mereka tak mengontrak pemain asing dari Brasil mulai dari Liga 1 2017 dan 2018 lalu.

3. PSS Sleman

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSS Sleman. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo PSS Sleman.

PSS Sleman menjadi klub Liga 1 2019 terakhir yang tampaknya tak menggunakan jasa pemain asing dari Brasil saat ini. Atau bisa dibilang kemungkinan.

Sebab saat ini PSS Sleman telah resmi mengontrak tiga pemain asing, yakni Alfonso de la Cruz (Spanyol), Yevhen Bokhashvili (Ukrania), dan Brian Ferreira (Iraq).

Akan tetapi PSS Sleman masih menyimpan satu pemain asing, yaitu dari Brasil bernama Guilherme Felipe de Castro atau kerap disapa Batata.

Dirinya masih menjalani proses seleksi untuk ditentukan nasibnya oleh manajemen PSS Sleman jelang bergulirnya Liga 1 2019.

4. Persebaya Surabaya

© pssi.org
Otavio Dutra, pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia Copyright: pssi.orgOtavio Dutra, pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia

Sedikit tambahan kalau Persebaya Surabaya bisa saja ikut menjadi klub yang tak menggunakan jasa pemain asal Brasil meski mempunyai bek Otavio Dutra.

Seperti diketahui kalau Dutra telah mengajukan diri menjadi WNI lewat proses naturalisasi. Dirinya juga telah menyambangi Kemenpora atas niatan tersebut.

Persebaya Surabaya sendiri saat ini telah mengontrak tiga pemain asing lainnya, yaitu Damian Lizio (Bolivia), Amido Balde (Guinea-Bissau), dan Manuchekhr Dzhalilov (Tajikistan).

Terus Ikuti Update Liga 1 2019 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

54