Liga Spanyol

Sevilla vs Real Betis: 5 Fakta Menarik El Gran Derbi

Sabtu, 13 April 2019 18:24 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Seville Traveller
Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, markas Sevilla FC. Copyright: © Seville Traveller
Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, markas Sevilla FC.

INDOSPORT.COM - El Gran Derbi atau Derby Sevilla memang selalu mengesankan untuk dibahas. Pada Minggu (15/04/19) dini hari pukul 01.45 WIB, pertandingan derby antara Sevilla dan Real Betis akan kembali terjadi di ajang LaLiga Spanyol.

Terkait pertemuan Sevilla vs Real Betis di Ramon Sanchez-Pizjuan Stadium ini, ada beberapa fakta menarik tentang El Grand Derbi yang telah INDOSPORT.COM seperti rilis dari LaLiga. Berikut ulasannya.

1. Pertemuan ini memiliki sejarah yang panjang

Pada 1915, sejarah mencatatkan secara resmi El Grand Derbi mempertemukan Sevilla dan Real Betis untuk pertama kalinya. Pertandingan ini dihelat tak lama setelah Real Betis didirikan.

Meski umurnya yang masih seumur jagung, kala itu Real Betis mampu meraih kemenangan atas Sevilla 1-0 berkat gol dari Alberto Henke dan memamerkan trofi yang mereka menangkan di sepanjang jalanan kota.

Namun, bila menilik lebih lanjut, pertandingan tidak resmi antara kedua klub ibu kota Andalusia ini pertama kali terjadi pada Hari Valentine tahun 1909. Sayangnya, hasil pertemuan itu telah hilang dari sejarah dan tetap menjadi misteri hingga hari ini.

2. Kedua tim ini masuk dalam daftar 9 klub yang pernah memenangkan gelar LaLiga

Sama-sama pernah menyabet gelar LaLiga, kedua tim ini merupakan tim tersukses dan ikonik dalam sejarah sepak bola Spanyol. Pasalnya, hanya ada sembilan negara yang mampu merengkuh gelar tersebut.

Real Betis lebih dulu memboyong trofi LaLiga pertamanya mewakili kota Sevilla pada musim 1934/35. Jejak Real Betis diikuti oleh Sevilla sepuluh dekade kemudian, dengan menumbangkan Barcelona kala itu.

3. Jose Antonio Reyes pencetak gol terbanyak di abad ke-21

Nama Jose Antonio Reyes menjadi legenda di pertemuan ini berkat keberhasilannya mencetak lima gol sepanjang sejarah El Gran Derby. Jumlah gol tersebut adalah yang terbanyak sejak pergantian abad. Setelah, Reyes ada Frederic Kanoute dan Kevin Gameiro yang memiliki jumlah gol lebih sedikit satu buah.

Di sisi lain, ternyata Real Betis Betis memiliki lebih banyak gol di daftar tersebut. Mantan pemain mereka yang saat ini membela Athletic Bilbao, Benat Etxebarria, menjadi pencetak gol terbanyak sejak 2000.

© Alex Caparros/Getty Images
Para pemain Real Betis berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona. Copyright: Alex Caparros/Getty ImagesPara pemain Real Betis berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Barcelona.

4. Derby Sevilla di Eropa

Kedua klub ini ternyata pernah menjajal bertanding di seri Liga Europa. Pada babak 16 besar pada musim 2013/14 kompetisi kontinental. Pertandingan ini berakhir dengan adu penalti setelah masing-masing menang 2-0 di kandang.

Akhirnya pada laga tersebut Sevilla berjaya dengan menumbangkan sang tuan rumah Real Betis pada paruh kedua yang diadakan di stadion Benito Villamarín. Sevilla memenangkan adu penalti 4-3 sebelum kemudian memenangkan turnamen dengan adu penalti melawan Benfica.

5. 22-0

Pertandingan antara Real Betis dan Sevilla pada tahun 1918 silam menjadi sebuah perdebatan seru para sejarawan selama satu abad lamanya. Pasalnya, tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi pada pertandingan tersebut.

Namun, yang sudah pasti adalah Sevilla memenangkan pertandingan dengan skor 22-0. Skor fantastis tersebut diduga karena pada pertandingan tersebut Real Betis malah mengirim tim anak-anak untuk mewakili mereka sebagai bentuk protes.

Kala itu, dua pemain pemain bintang mereka dilarang berlaga lantaran harus menyelesaikan wajib militer.

Penulis: Chairun Nissa

Baca berita sepak bola LaLiga Spanyol dan olahraga lainnya di INDOSPORT.COM.