Liga Inggris

4 Posisi yang Perlu Dibenahi Arsenal Jika Ingin Bersaing Musim Depan

Sabtu, 20 April 2019 13:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Getty Image
Unai Emery, pelatih Arsenal. Copyright: © Getty Image
Unai Emery, pelatih Arsenal.

INDOSPORT.COM - Bursa transfer sepak bola Eropa baru akan dimulai pada Juni 2019 mendatang. Berikut empat posisi yang perlu dibenahi Arsenal untuk musim depan.

Kiprah Arsenal di Liga Primer Inggris 2018/19 memang tak sesuai harapan para pendukungnya. Arsenal hingga pekan ke-34 masih bertengger di urutan ke-4 klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Bahkan, jelang pertandingan pekan ke-35, Arsenal masih berpotensi tergeser oleh Chelsea dan Manchester United yang berada di bawahnya.

Chelsea berada di urutan kelima dengan raihan 66 poin (sama dengan Arsenal) dan Manchester United di posisi kenam dengan mengantongi 64 poin.

Terseok-seok di Liga Primer Inggris musim ini, tentunya Arsenal masih terus berharap akan tiket Liga Champions 2019/20 mendatang. Oleh karena itu perlunya pembenahan di setiap lini.

Berikut empat posisi yang perlu ditambah Arsenal untuk mengarungi sengitnya persaingan Liga Primer Inggris dan juga Liga Champions (jika lolos).

Kiper

© Getty Images
Kiper anyar Arsenal Bernd Leno saat diperkenalkan publik. Copyright: Getty ImagesKiper anyar Arsenal Bernd Leno saat diperkenalkan publik.

Posisi kiper harus benar-benar diperhatikan Arsenal, pasalnya Petr Cech memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola di musim 2019/20.

Otomatis, kiper senior yang dimiliki Arsenal di musim mendatang hanyalah Bernd Leno yang sejauh musim ini cukup diandalkan. Dengan total 27 penampilan di Liga Primer Inggris 2018/19.

Dari 27 penampilannya, Leno kurang maksimal dengan catatan 31 kali kebobolan dan hanya tujuh pertandingan dia tampil clean sheet. Lebih dari 75% gol (40 kali) yang bersarang di gawang Arsenal, terjadi saat dirinya tampil.

Lini Pertahanan

© Arsenal
Laurent Koscielny nampak bahagia saat laga Arsenal vs Qarabag, Kamis (13/12/18). Copyright: ArsenalLaurent Koscielny nampak bahagia saat laga Arsenal vs Qarabag, Kamis (13/12/18).

Untuk lini pertahanan, Unai Emery harus menuntut manajemen Arsenal agar mendatangkan satu bek tengah anyar yang berpengalaman untuk skuatnya di musim 2019/20.

Kebobolan 40 gol membuat Arsenal menjadi tim paling banyak kebobolan dari tiga tim lainnya yang saat ini berada di posisi empat besar klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Shkodran Mustafi dan Sokratis masih belum maksimal di musim ini untuk menutupi kekosongan jika sang kapten Laurent Koscielny harus absen. Tiga bek tengah belum cukup untuk Emery, yang beberapa kali memakai formasi tiga bek di pertahanan.

Lini Tengah

© Sportskeeda
Lucas Torreira masuk di menit ke 70 dalam laga melawan Man City Copyright: SportskeedaLucas Torreira masuk di menit ke 70 dalam laga melawan Man City

Selanjutnya adalah pertahanan sebelum serangan lawan sampai di kotak penalti. Yaitu posisi gelandang bertahan, yang sekarang juga belum solid.

Lucas Torreira dan Granit Xhaka adalah pemain yang berada di posisi gelandang bertahan yang dimiliki Arsenal musim 2018/19. Namun, jika salah satu dari mereka cedera, Arsenal tak punya pengganti yang sepadan.

Mohamed Elneny cadangan di posisi ini, hanya dipercaya tampil sebanyak 15 kali di semua kompetisi sejauh musim ini. Arsenal perlu gelandang bertahan berpengalaman musim depan.

Striker

© Twitter.com/Arsenal
Aubameyang dan Lacazette menjadi dua pencetak gol Arsenal saat melawan Everton. Copyright: Twitter.com/ArsenalAubameyang dan Lacazette menjadi dua pencetak gol Arsenal saat melawan Everton.

Yang terakhir adalah striker tambahan dibutuhkan Unai Emery untuk tampil bersaing di musim mendatang. Cederanya Danny Welbeck membuat Emery kehabisan opsi di posisi striker.

Striker yang tersisa adalah Alexandre Lacazette, yang mampu mencetak 16 gol dari 42 penampilannya. Sementara Pierre-Emerick Aubameyang yang posisinya penyerang tengah, lebih unggul dimainkan sebagai penyerang sayap.

Aubameyang tampil 44 kali dengan mencetak sebanyak 23 gol dan 14 penampilan di antaranya tidak bermain di posisi penyerang tengah. Striker baru harus datang ke Stadion Emirates.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%