Liga Indonesia

Formasi Persebaya Surabaya Jika Datangkan Antonio Asanovic, Mirip Juventus

Minggu, 21 April 2019 11:53 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Skuat Persebaya di leg pertama final Piala Presiden 2019 melawan Arema FC. Fitra Herdian/INDOSPORT Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Skuat Persebaya di leg pertama final Piala Presiden 2019 melawan Arema FC. Fitra Herdian/INDOSPORT

INDOSPORT.COM -  Nama Antonio Asanovic memang gencar dirumorkan segera bergabung dengan Persebaya Surabaya. Jika benar mendatangkan Antonio Asanovic, akan ada nuansa Juventus di formasi Bajul Ijo.

Nama Antonio Asanovic memang gencar dirumorkan segera bergabung dengan Persebaya, terlebih saat unggahan akun Instagram yang khusus membahas bursa transfer Liga Indonesia, @update.transfer, mengkonfimasi rumor tersebut.

Unggahan tersebut mengatakan bek berkewarganegaraan Kroasia ini akan meninggalkan klubnya sekarang, Zlate Moravce dan hijrah ke kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019.

Meski belum tentu dan benar kemana tujuan Antonio Asanovic usai hengkang, namun akun pribadi Instagram Asanovic langsung diserbu oleh suporter setia Persebaya, Bonek yang memintanya segera gabung klub kesayangan mereka.

Andai benar pemain berusia 27 tahun ini bergabung dengan Persebaya Surabaya, patut dinanti bagaimanakah formasi ideal yang bakal digunakan Djajang Nurjaman untuk membesut Bajul Ijo musim depan.

Pasalnya, saat ini Persebaya telah dihuni dua pemain bertahan bertalenta macam Hansamu Yama dan Octavio Dutra, jika melihat formasi yang biasa digunakan Djanur yakni 4-3-3, tentu salah satu dari 2 bek tersebut harus dikorbankan.

Namun jika sang pelatih mau berkeksprimen dan mencoba menggunakan formasi 3-4-3, maka tak ada pemain belakang yang harus dikorbankan bahkan Persebaya mungkin menjadi tim dengan pertahanan paling solid di Liga 1 mendatang.

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Duel udara para pemain Persebaya melawan Arema FC. Fitra Herdian/INDOSPORT Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTDuel udara para pemain Persebaya melawan Arema FC. Fitra Herdian/INDOSPORT

Mengadaptasi formasi Juventus di bawah arahan Antonio Conte saat meraih tiga Scudetto musim 2011–12, 2012–13 dan 2013–14, Persebaya bisa menggunakan trio bek yakni Antonio Asanovic, Hansamu Yama dan Octavio Dutra.

Tiga pemain bertahan tersebut akan sulit ditembus tim-tim lain, lantaran tim kontestan di Liga 1 lebih banyak menggunakan satu striker sebagai mesin gol. Sehingga saat berhadapan dengan tiga bek, akan terasa berat untuk dilewati.

Sementara empat pemain gelandang bakal dihuni Damián Lizio, Rendi Irwan, Ruben Sanadi dan Novan Sasongko. Dua nama terakhir bakal menjadi wing back sekaligus winger, macam Dani Alves atau Stephan Lichtsteiner saat masih di Juventus.

Sedangkan tiga barisan penyerang bisa dipasang dengan duet Amido Balde, Manuchekhr Dzhalilov dan Irfan Jaya. Posisi ujung tombak masih akan dipegang Amido Balde dengan memanfaatkan kecepatan Manuchekhr Dzhalilov dan Irfan Jaya dalam memberikan umpan silang maupun umpan lambung.

Formasi Persebaya Surabaya Jika Datangkan Antonio Asanovic:

(GK) Miswar Saputra;
(CB) Otavio Dutra, (CB) Hansamu Yama, (CB) Antonio Asanovic;
(LB / LWB) Ruben Sanadi, (CM) Damián Lizio, (CM) Rendi Irwan, (RB / RWB) Novan Sasongko;
(FW) Manuchekhr Dzhalilov, (CF) Amido Balde, (FW) Irfan Jaya.

Meski belum tentu Persebaya Surabaya bakal datangkan Antonio Asanovic atau tidak, namun jika benar tim Bajul Ijo memboyong satu pemain berposisi bek, mungkin taktik diatas bisa dicoba untuk diterapkan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
50%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%